Sabtu, 27/04/2024 - 02:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIGLOBAL

Sukses Terbitkan Global Bond, Kemenkeu Serap 3 Miliar Dolar AS

ADVERTISEMENTS

Kemenkeu menerbitkan obligasi global atau surat utang negara berdenominasi dolar AS.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Kementerian Keuangan menerbitkan obligasi global atau surat utang negara berdenominasi dolar Amerika Serikat (AS) sebesar 3 miliar dolar AS atau setara Rp 47 triliun (kurs Rp 15.635 per dolar AS) pada 5 Januari 2023. Berdasarkan keterangan resmi Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, penerbitan ini mendapatkan respons sangat positif dari investor global.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Global bond diterbitkan dengan tenor lima, 10, dan 30 tahun dengan format SEC-Registered. Total order book sepanjang proses bookbuilding sebesar 17 miliar dolar AS,” tulis DJPPR Kementerian Keuangan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kemudian, ketika penetapan final price guidance dengan tujuan untuk menekan biaya penerbitan, total order book tersebut bergerak ke level 14,4 miliar dolar AS atau 4,82 kali dari total yang dimenangkan. Angka tersebut merupakan bid to cover ratio tertinggi dalam lima tahun terakhir.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kemenkeu Mulai Tawarkan ST012, Imbalan Paling Kecil 6,4 Persen

Pemerintah berhasil menekan harga ketiga tranche penerbitan tenor lima tahun sebesar 4,80 persen atau turun 35 basis poin dari initial price guidance 5,15 persen area, tenor 10 tahun sebesar 5,10 persen atau turun 40 basis poin dari initial price guidance 5,50 persen area, dan tenor 30 tahun sebesar 5,75 persen atau turun 40 basis poin dari initial price guidance 6,15 persen area.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Berita Lainnya:
Jaga Daya Beli, Pertamina Tahan Harga Pertamax

“Keberhasilan pemerintah dalam penerbitan kali ini tentu saja tidak lepas dari kepercayaan investor global terhadap credit profile Indonesia yang semakin baik,” tulis DJPPR Kementerian Keuangan.

Hasil penerbitan ini akan digunakan untuk pembiayaan APBN secara umum. Ketiga seri SUN yang diterbitkan pada transaksi kali ini diperkirakan memperoleh peringkat Baa2 dari Moody’s, BBB dari Standard & Poor’s, dan BBB dari Fitch serta akan dicatatkan pada Singapore Stock Exchange dan Frankfurt Stock Exchange.

Joint bookrunners dalam transaksi ini antara lain BofA Securities, DBS Bank Ltd, HSBC, Mandiri Sekuritas dan Standard Chartered Bank sedangkan yang bertindak sebagai co-Managers adalah PT BRI Danareksa Sekuritas and PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi