Jumat, 24/05/2024 - 14:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Prodi Sistem Informasi FTI UNM Sukses Gelar Workshop Menulis Artikel Ilmiah

Diharapkan mahasiswa tak sekadar mensubmit jurnal tapi bisa juga dipublish

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Program studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan workshop Menulis Artikel Ilmiah Publikasi Jurnal Nasional Akreditasi Sinta. Webinar digelar secara daring pada Sabtu (7/1/2023), pukul 09.00 -12.00 Wib.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Narasumber yang hadir yaitu Frieyadie selaku Redaktur Jurnal Nusa Mandiri dengan moderator Rani Irma Handayani sebagai dosen Universitas Nusa Mandiri. Frieyadie menjelaskan mengenai apa itu jurnal nasional, ketentuan menulis artikel jurnal, mengenal template dan bagaimana memulai menulis artikel jurnal.

“Jurnal nasional memiliki kriteria berikut yaitu memiliki ISSN harus yang media elektronik (E-ISSN), terbit secara online, dikelola secara profesional, diterbitkan oleh penerbit, memiliki dewan editor, penulis sedikitnya berasal dari 2 institusi yang berbeda,” ungkapnya dalam rilis yang diterima, Senin (9/1/2023).

Berita Lainnya:
Diprotes Mahasiswa, USU: Kenaikan UKT Sesuai Permendikbudristek

Ia pun menyampaikan bahwa jurnal nasional terakreditasi dan terindeks oleh sinta yaitu pusat data atau database jurnal nasional terakreditasi. Sehingga mampu dijadikan tujuan utama untuk mencari sumber referensi dalam bentuk jurnal nasional dengan kualitas yang telah diakui oleh kemendikbud ristek, peringkat akreditasi jurnal pada SINTA bermacam-macam dari SINTA 1 sampai dengan 6.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Sementara ketentuan dalam menulis artikel jurnal yaitu jangan gunakan kalimat berbelit, penulis di Indonesia cenderung berbelit-belit dalam menyampaikan sebuah ide, tidak banyak melakukan pengulangan kalimat berlebihan, kevalidan dilihat metode yang digunakan, cara pengambilan data, pengolahan data serta hasil dari penelitian,” imbuhnya.

Selanjutnya, ia menyebutkan sebelum membuat jurnal harus mengenal template dari jurnal yang dituju. “Template dari jurnal yaitu terdapat header berisikan informasi terkait jurnal yang akan disubmit, body article yaitu berisi judul, nama penulis, nama isntansi, email penulis dan corresponding author, serta structure content jurnal yang berisi abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, simpulan dan referensi,” paparnya.

ADVERTISEMENTS

Ia pun memberikan contoh jurnal nasional yang telah diterbitkan dan terkareditasi serta bagaimana cara mensubmit jurnal, serta memberikan tips agar jurnal dapat terbit. “Semoga dengan workshop ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu mahasiswa mengenai menulis artikel ilmiah publikasi jurnal nasional akreditasi sinta serta diharapkan mhasiswa tidak hanya mensubmit saja jurnal tersebut tetapi juga dapat publish,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi