Jumat, 03/05/2024 - 08:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AFRIKAINTERNASIONAL

Presiden Somalia Bersama Ratusan Warga Usir Al Shabab

ADVERTISEMENTS

Presiden dan ratusan pengunjuk rasa menentang al-Shabab di ibu kota Somalia

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

MOGADISHU – Ratusan pengunjuk rasa menentang al-Shabab di ibu kota Somalia, Mogadishu, Kamis (12/1/2023) waktu setempat. Tak hanya warganya, Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud pun ikut dalam aksi. Mereka muak dengan keberadaan kelompok pemberontak itu dalam beberapa tahun terakhir yang kerap membuat teror di negara tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud, yang ikut aksi demo di sebuah stadion di bawah pengamanan ketat, menggunakan acara tersebut untuk memanggil warga Somalia membantu mengusir anggota kelompok al-Shabab. Ia bahkan menyebut al-Shabaab sebagai “kutu busuk”.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Saya memanggil Anda, orang-orang Mogadishu, orang-orang Khariji (pemberontak) ada di antara Anda jadi usir mereka. Mereka ada di rumah Anda, mereka adalah tetangga Anda, di dalam mobil yang melewati Anda,” kata Mohamud seperti dikutip laman Aljazirah, Jumat (13/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Delegasi Hamas akan Bahas Gencatan Senjata di Kairo

Ia berbicara kepada kerumunan besar yang merupakan salah satu pertemuan publik terbesar dalam beberapa tahun terakhir. “Saya ingin kita berkomitmen hari ini untuk mengusir mereka. Mereka seperti kutu busuk di bawah pakaian kami,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Para demonstran melambai-lambaikan bendera dan plakat dengan pesan anti-al-Shabab. “Kami tidak akan pernah menerima pembunuhan ekstremis atau merampok orang-orang kami dan kami juga tidak akan pernah menerima pembunuhan orang-orang kami yang tidak bersalah. Kami akan melindungi mereka dari al-Shabab. Siapa pun yang melakukan itu [membunuh orang tak bersalah] akan diadili atau diadili,” kata Mohamud.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Orang-orang lelah dengan pembantaian, pembunuhan, dan segala macam perbuatan buruk dan mereka sekarang berkata kepada al-Shabab: ‘Cukup sudah’,” katanya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pemerintahnya juga mendesak warga untuk melaporkan pejuang yang tinggal di antara mereka. Al-Shabab telah melancarkan pemberontakan berdarah melawan pemerintah pusat yang didukung internasional sejak 2007.

Kelompok tersebut melakukan serangan di Somalia dan negara-negara tetangga. Al-Shabaab membunuh 166 orang di Universitas Garissa pada 2015, dan 67 orang di sebuah mal di Nairobi pada 2013. Meski begitu, frekuensi dan tingkat keparahan serangan al-Shabab di Kenya telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir.

Berita Lainnya:
TNI AU Kerja Sama dengan AU Yordania Terjunkan Bantuan Langsung ke Gaza

Presiden menyatakan perang habis-habisan melawan kelompok itu tak lama setelah dia menjabat pada Mei tahun lalu. Pemerintah Somalia dan kelompok klan sekutu telah memaksa al-Shabab keluar dari petak besar wilayah sejak melancarkan serangan besar Agustus lalu, tetapi kelompok itu membalas dengan serangkaian serangan, termasuk pengeboman di Mogadishu.

Pemberontak sering membalas dengan serangan berdarah. Ini pun menandakan kemampuan mereka untuk menyerang jantung kota Somalia dan instalasi militer meskipun ofensif. Meskipun dipaksa keluar dari Mogadishu dan pusat-pusat perkotaan utama lainnya lebih dari satu dekade lalu, al-Shabab tetap bercokol di beberapa bagian pedesaan Somalia tengah dan selatan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi