Minggu, 05/05/2024 - 12:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Menlu RI Retno Marsudi Sambut Partisipasi Menlu Timor Leste di ACC Meeting

ADVERTISEMENTS

Keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN menjadi topik yang dibahas di ACC Meeting.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi menyambut kehadiran Menlu Timor Leste Adaljiza Albertina Xavier Reis Magno dalam ASEAN Coordinating Council (ACC) Meeting ke-32 yang digelar di Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta, Jumat (3/2/2023). Retno menilai, kehadiran perwakilan Timor Leste dalam pertemuan tersebut menjadi momen bersejarah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“ACC Meeting kita hari ini istimewa dan bersejarah untuk ASEAN. Saya ingin mengingatkan, ASEAN Leaders (Meeting) di Phnom Penh (Kamboja) November tahun lalu disepakati secara prinsip untuk untuk mengakui Timor Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN, dan untuk memberikan status pengamat pada Timor Leste, serta partisipasinya di semua pertemuan ASEAN, termasuk Summit Plenary,” kata Retno saat membuka ACC Meeting ke-37.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Empat Menteri Jokowi Sambangi Rumah Megawati pada Hari Pertama Lebaran
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Oleh karena itu, untuk pertama kalinya, hari ini kita menyambut partisipasi menteri luar negeri Timor Leste. Saya kini mengundang yang terhormat Adaljiza Magno, menteri luar negeri dan kerja sama Timor Leste untuk maju ke ruang pertemuan dan bergabung dalam ACC Meeting,” ucap Retno menambahkan.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Saat Retno mengucapkan hal tersebut, Adaljiza pun masuk ke ruang konferensi, kemudian duduk di kursi yang di mejanya telah diberi papan nama “Timor Leste”. “Hari ini kita sangat senang dengan kehadiran Timor Leste di pertemuan ASEAN ini, dan saya percaya partisipasi Timor Leste di ASEAN akan berkontribusi pada stabilitas dan kemakmura kawasan kita,” kata Retno dalam sambutannya kemudian. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Hamas Siap Terima Solusi Dua Negara dan Gantung Senjata

Retno menjelaskan, dalam ACC Meeting, peta jalan untuk keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN menjadi salah satu topik yang dibahas. Topik lain yang bakal didiskusikan yakni tentang penguatan kapasitas dan efektivitas ASEAN.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

ASEAN merangkul Timor Leste sebagai anggota seusai pelaksanaan KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 di Phnom Penh, Kamboja. Dalam ASEAN Leaders Statement dijelaskan, setelah mempertimbangkan hasil dari Misi Pencari Fakta untuk Timur Leste yang dilakukan Komite Politik ASEAN, mereka menyepakati dua hal. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Pertama, pada prinsipnya mengakui Timor-Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN. Kedua untuk memberikan status pengamat kepada Timor Leste dan mengizinkan partisipasinya dalam semua Pertemuan ASEAN termasuk di pleno KTT,” tulis ASEAN di situsnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi