Selasa, 23/04/2024 - 11:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Enam Gempa Susulan Terjadi di Turki

ADVERTISEMENTS

Getaran gempa juga dirasakan di Suriah dan Lebanon.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 ANKARA – Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter melanda wilayah Turki tenggara dan Suriah pada Senin (6/2/2023) pagi. Gempa tersebut telah merobohkan bangunan dan membuat penduduk panik berhamburan keluar. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pasca gempa utama, Turki masih merasakan enam gempa susulan. Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengimbau masyarakat untuk tidak memasuki gedung-gedung yang rusak atau hancur akibat gempa mengingat risikonya. “Prioritas kami adalah mengeluarkan orang-orang yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan dan memindahkan mereka ke rumah sakit,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
PBB Umumkan Seruan Global Bantuan untuk Gaza

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, tim evakuasi dan penyelamat telah dikerahkan ke lokasi-lokasi terdampak gempa. “Kita berharap dapat melewati bencana ini bersama-sama secepat mungkin dan dengan kerusakan yang paling sedikit,” tulis Erdogan di akun Twitter pribadinya.

ADVERTISEMENTS

Setidaknya 130 bangunan runtuh di Provinsi Malatya. Wilayah itu berdekatan dengan pusat gempa. Sementara itu di wilayah-wilayah Turki lainnya, terdapat belasan bangunan yang dilaporkan runtuh akibat guncangan gempa.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut Survei Geologi AS, gempa pada Senin pagi berpusat sekitar 33 kilometer dari Gaziantep dengan kedalaman 18 kilometer. Terjadi gempa bermagnitudo 6,7 sekitar 10 menit setelah gempa utama.

Berita Lainnya:
Norwegia Desak Israel Patuhi Perintah ICJ Pastikan Akses Bantuan Gaza

Gempa turut mengguncang Suriah dan Lebanon. Media pemerintah Suriah melaporkan beberapa bangunan di utara Aleppo dan pusat kota Hama runtuh. Suriah pun melaporkan adanya korban tewas, yakni sebanyak 62 jiwa.

Turki berada di atas garis patahan utama dan sering dikoyak gempa. Negara tersebut pernah mengalami gempa dahsyat pada 1999. Kala itu, korban tewas mencapai 18 ribu orang.

sumber : AP

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi