Selasa, 30/04/2024 - 00:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

5 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Pekerja Era Digital

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Memilih jurusan kuliah tentu akan menjadi langkah besar bagi keberlanjutan masa depan seseorang. Salah memilih jurusan terkadang membuat seseorang bingung akan bekerja menjadi apa setelah lulus.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Bagi Gen Z yang hendak masuk kuliah dan kelak ingin berkecimpung lebih banyak dalam dunia digital, ada beberapa jurusan kuliah yang cocok. Karena akan banyak pekerjaan yang akan berbasis digital maupun teknologi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pada 2020, World Economic Forum (WEF) pernah memprediksi empat profesi yang akan populer di masa depan, yakni Analis Data dan Ilmuwan, Spesialis Artificial Intelligence (AI), Spesialis Pemasaran dan Strategi Digital, dan Spesialis Transformasi Digital.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Lalu, jurusan kuliah mana saja yang akan bersinggungan dengan empat pekerjaan tersebut? Berikut ini adalah lima rekomendasi jurusan yang bisa diertimbangkan untuk menunjang karir di era digital yang dirangkum dari berbagai sumber.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

1. IT (Informasi dan Teknologi)

Bidang ini sebenarnya memiliki beberapa jurusan yang lebih spesifik lagi, yang bisa dipilih sesuai kemampuan dan minat kita. Seperti Teknik Informatika, mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan dan evaluasi sistem informasi, perangkat lunak, serta kinerja komputer.

Berita Lainnya:
IKN Terapkan Sistem Transportasi Cerdas dengan Prinsip Beberlanjutan

Lalu Sistem Informasi juga memiliki jurusan lebih spesifik lagi, mempelajari sistem kerja perangkat lunak dan perangkat keras serta data. Atau jurusan Manajemen Informatika, mempelajari keamanan data hingga bisnis yang aman dalam dunia digital.

 

2. Ilmu Komunikasi

Komunikasi juga mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan dunia digital, seperti salah satunya jurusan Jurnalistik, mempelajari cara mencari dan menulis sebuah berita untuk disampaikan pada masyarakat melalui media cetak, radio, televisi, maupun media online.

Ada juga jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang merupakan bagian dari ilmu seni yang fokus pada elemen visual untuk menyampaikan pesan, termasuk pesan berbentuk digital. Atau jurusan Hubungan Masyarakat, mempelajari cara mengelola reputasi suatu perusahaan atau organisasi, dan kini tentunya reputasi itu merambah ke dunia digital.

 

3. MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)

Dalam bidang ini, jurusan Matematika menjadi salah satu yang akan diperlukan untuk pekerjaan masa depan. Jurusan ini memang terdengar sulit karena kita akan dihadapkan dengan angka setiap harinya. Namun, dari sini, kita akan mempelajari bagaimana cara pengumpulan, analisis, dan penyajian data.

Berita Lainnya:
Pasca-Pandemi, Jumlah Mahasiswa Lima PTJJ di Asia Tenggara Meningkat Signifikan

 

4. Teknik

Digital dan bidang teknik adalah dua hal yang saling berkaitan di zaman ini. Jadi, memilih salah satu jurusan dari bidang teknik, tentunya akan memudahkan kita untuk menyesuaikan pekerjaan yang ingin kita ambil di era digital. Sebut saja Teknik Industri yang semakin diminati, mempelajari bagaimana memaksimalkan peran manusia di bidang industri.

Ada juga Teknik Arsitektur yang berkaitan pula dengan kebutuhan manusia akan hunian, yang terus berlangsung dan berkembang. Teknik Arsitektur juga akan bersentuhan dengan para lulusan Teknik Sipil.

 

5. Farmasi dan Kedokteran

Era digital kian canggih, hingga menebar rumor akan banyak pekerjaan yang digantikan dengan robot. Tetapi pekerjaan di bidang kesehatan akan sangat sulit tergantikan, seperti para apoteker, perawat, dan dokter. Sehingga memilih jurusan ini untuk pekerjaan masa depan adalah hal yang tepat, karena pekerjaan yang berhubungan dengan ini akan terus eksis.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang ke depannya masih akan tetap dibutuhkan, meskipun era digital mendominasi. Pelajari dan tentukan minat kita sedini mungkin, dan dalami dengan bersungguh-sungguh saat masuk kuliah.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi