Selasa, 30/04/2024 - 07:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Negara G20 Realisasikan Dukungan Pembiayaan Transisi Energi

ADVERTISEMENTS

Beberapa turbin proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap di wilayah perbukitan Pabbaresseng, Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan, Senin (15/1) (ilustrasi). Lewat program Just Energy Transition Partnership (JETP), negara anggota G20 membahas skema regulasi pembiayaan transisi energi dan juga mulai memetakan proyek energi bersih di Indonesia mana saja yang akan menjadi proyek bersama negara G20.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Lewat program Just Energy Transition Partnership (JETP), negara anggota G20 membahas skema regulasi pembiayaan transisi energi dan juga mulai memetakan proyek energi bersih di Indonesia mana saja yang akan menjadi proyek bersama negara G20.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Menparekraf Akui Masih Berjuang Atasi Tiket Transportasi yang Mahal
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Head of US Department of Treasury Alexia Latourte menjelaskan, negara G20 menindaklanjuti kesepakatan KTT G20 di Bali melalui pemetaan proyek energi bersih milik Indonesia yang akan dibiayai melalui skema JETP. Kata dia, program kemitraan ini akan selesai dalam tiga tahun ke depan di bawah supervisi Sekretariat JETP.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kami semua mendukung target Indonesia salah satunya lewat transisi energi di sektor ketenagalistrikan. Tentu saja dengan mengedepankan akses keterjangkauan dan adil bagi seluruh masyarakat,” ujar Latourte di Kementerian ESDM, Kamis (16/2/2023).

ADVERTISEMENTS

Latourte menjelaskan, setelah KTT G20, Amerika, Jepang dan Indonesia melakukan pertemuan intensif membahas skema pembiayaan untuk proyek energi bersih dan regulasi penguat untuk memudahkan pola investasi. “Kami akan merencanakan investasi dan kebijakan yang komperhensif sehingga bisa mengurangi emisi karbon sekaligus melindungi masyarakat agar tak terkena dampak pengembangan proyek ini,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Kementan Alokasikan 4.532 Ton Pupuk Subsidi untuk Papua Barat

Latourte menegaskan, upaya bersama pengurangan emisi karbon tak boleh meninggalkan kepentingan masyarakat. Ia pun mengajak semua pihak bahu membahu menyukseskan rencana ini.

“Langkah transisi energi ini tetap akan mempertimbangkan penghidupan masyarakat. Untuk itu, rencana ini membutuhkan banyak mitra, alat, dan instrumen,” kata Latourte.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi