Sabtu, 04/05/2024 - 14:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

KSAU: Baru Indonesia yang Miliki Pesawat Super Hercules di Asia Tenggara

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan, Pesawat C-130 J Super Hercules A-1339 dan C-130H A-1315 merupakan kebanggaan untuk TNI AU dan Indonesia. Sebab, ia menyebut, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki pesawat Super Hercules ini.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Di regional ini hanya baru Indonesia, di Asia Tenggara baru Indonesia (yang miliki pesawat Super Hercules),” kata Fadjar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (8/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Fadjar mengungkapkan, pesawat C-130 J Super Hercules A-1339 memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya, yakni mesin yang lebih efisien. “Kelebihannya, ya mesinnya itu baru, lebih efisien, terbang lebih tinggi, lebih jauh, lebih irit, kalau kapasitas sama. Lalu, juga dia lebih efisien krunya, krunya hanya bertiga. (Dahulu) delapan orang, sekarang jadi tiga. Semuanya sudah computerize (komputerisasi),” ujar Fadjar.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kemudian, lanjut dia, Pesawat Hercules C-130H A-1315 merupakan pencapaian dalam pemeliharaan. Fadjar mengungkapkan, pihaknya baru saja mengganti struktur center wing box pesawat itu. “Jadi kalau sayap, di sininya ini yang paling critical. Ini kekuatan pesawat ada di sini, karena menyambung body dengan wing,” jelas dia.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Minta Maaf Atas Peristiwa Banjir di Kawasan Dukuh Kupang

Dia mengatakan, Indonesia memesan total ada lima pesawat dengan jenis serupa dari Amerika Serikat. Menurut Fadjar, tiga pesawat baru lainnya akan tiba di Indonesia secara bertahap dan seluruhnya akan ditempatkan di Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Fadjar menjelaskan, pesawat Hercules memiliki peran yang sangat penting dalam beberapa operasi. Baik operasi militer maupun operasi selain perang, seperti bencana alam. “Apapun juga kita selalu mengandalkan (pesawat) Hercules,” ujar dia.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Selain itu, Fadjar menambahkan, Indonesia adalah negara yang sudah menggunakan pesawat Hercules sejak tahun 1960-an. Bahkan, kata dia, dua bulan lalu, TNI AU baru saja memensiunkan satu pesawat Hercules yang usianya hampir 60 tahun. “Kita pakai 60 tahun, luar biasa kan umurnya,” tutur Fadjar.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara penyerahan pesawat C-130 J Super Hercules A-1339 di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (8/3/2023) pagi. Pesawat angkut berat Super Hercules C-130 J itu merupakan buatan Lockheed Martin Aerospace, Georgia, Amerika Serikat.

Berita Lainnya:
Kelakar Bobby Disinggung Jadi Kader Golkar: Batiknya Dulu Hari Ini

Presiden Jokowi yang didampingi Menhan Prabowo dan juga Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tampak terlebih dahulu meninjau pesawat Super Hercules tersebut. Jokowi sempat berada di ruang kemudi pesawat selama beberapa menit.

Setelah itu, Presiden pun menyaksikan acara penyerahan replika kunci secara simbolis oleh Menhan Prabowo Subianto kepada Panglima TNI Yudo Margono. Kemudian Jokowi juga tampak melakukan prosesi memecahkan kendi berisi air dan bunga.

“Hercules yang kita terima pada pagi hari ini pesawat yang sangat canggih. Tadi saya sudah masuk lebih jelas, bisa mengangkut pasukan yang pakai baik dengan parasut artinya penerjun itu bisa mengangkut 98, tapi kalau hanya pasukan dan penerjun bisa 128 pasukan,\” kata Jokowi.

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi