Selasa, 21/05/2024 - 01:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Kementan Gelar Panen Padi Serentak Satu Juta Hektare

Kementerian Pertanian menggelar panen padi serentak satu juta hektare, Kamis (9/3/2023).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan kegiatan Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektare secara serentak pada Kamis (9/3/2023). Panen tersebut berlangsung di Kabupaten Serang Banten, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi Jawa Timur,serta 10 provinsi dan 66 kabupaten utama lainnya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Pelaksanaan panen raya di Provinsi Banten tersebar di empat kabupaten yaitu Kabupaten Pandeglang, Lebak, Serang, dan Tangerang. Lokasi Pelaksanaan panen raya padi Kabupaten Serang terletak di Desa Tenjo Ayu, Kecamatan Tanara dengan luasan hamparan 353 hektare.

“Panen raya satu juta hektare akan dimulai di Kebumen. Saya koordinasi dengan Bupati Kebumen dan melihat memang yang siap untuk melakukan panen raya pada Februari-Maret itu di Kebumen,” kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melalui keterangan tertulis.

Berita Lainnya:
Cek Pertanaman Padi di Sulsel, Ini Arahan Mentan

Syahrul mengatakan, berdasarkan prognosis atau perkiraan Badan Pusat Statistik (BPS), luas panen padi pada Februari 2023 mencapai 1,4 juta hektare dan puncak panen berlangsung pada bulan Maret-April. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Berarti, jika produktivitas 6 ton per hektare, ada produksi padi lebih kurang 4 juta ton,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDM), Dedi Nursyamsi mengapresiasi kinerja petani, kelompok tani (poktan), Gapoktan, penyuluh, penggilingan padi dan semua pelaku usaha perberasan nasional karena telah berhasil meningkatkan produktivitas padi di wilayah Serang.

Berita Lainnya:
Mentan Amran Lepas Brigade Alsintan Menuju Merauke

 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Dedi juga menerangkan bahwa panen raya padi ini juga merupakan pembuktian bagi para petani sebagai petani modern. “Panen raya padi ini juga merupakan pembuktian petani Indonesia mampu memanfaatkan dan mengoperasikan peralatan modern pertanian seperti combine harvester,” tutur Dedi.

Dalam pesannya, Dedi menyampaikan agar para petani dapat bahu membahu untuk menciptakan pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi