Sabtu, 18/05/2024 - 15:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

KPI Resmikan Kepengurusan Organisasi Profesi Penyiar Radio di Monumen Pers Solo

 SOLO — Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Agung Suprio mengukuhkan kepengurusan Penyiar Radio Seluruh Indonesia (Persiari) periode 2023-2027 di Monumen Pers Nasional, Surakarta, Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu (11/3/2023). 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Pengurus yang dikukuhkan merupakan struktur kepengurusan tingkat pusat atau kepengurusan tingkat provinsi. Penyiar senior  Radio Elshinta  Suwiryo terpilih sebagai ketua Umum (Ketum) Persiari. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Ketua KPI Agung Suprio menyampaikan apresiasi atas terbentuknya organisasi Persiari. Karena, mampu menjadi wadah komunikasi dan koordinasi seluruh penyiar di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Kemudian, pemilihan Kota Solo sebagai lokasi deklarasi memiliki dasar yang kuat. Sebab, di Solo pertama kali muncul radio yang melakukan perlawanan dalam masa penjajahan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Radio memiliki peran dalam kemerdekaan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Penyiar radio garda terdepan dalam mediapenyiaran,” kata Agung Suprio ketika mengukuhkan Kepengurusan Persiari periode 2023-2027 di Monumen Pers Nasional, Surakarta, Jawa Tengah (Jateng). 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Temukan Gejala Flu Singapura Pada Anak, Segera Akses Fasyankes

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengatakan, legislatif mendorong insan penyiar radio dapat tangguh menghadapi era disrupsi. Melalui dukungan dari rancangan perundangan penyiaran sudah sampai yang sedang disusun. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Progresnya, saat sudah memasuki tahap draf final. Sehingga, menjadi payung hukum yang kuat bagi insan penyiaran di Indonesia, khususnya Persiari.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

“Adanya wadah itu, dapat menjadi medium para penyiar radio saling meningkatkan kualitas diri melalui interaksi antar anggota yang dijalin secara intens di masa depan,” kata Abdul. 

Di sisi lain, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Widiarsih Agustina mengatakan, Persiari harus menjadi armada para penyiar di Indonesia untuk membangun peradaban. Menurut dia, peradaban yang besar dibangun dari mimpi dan imajinasi dan penyiar radio bisa melakukannya.

Berita Lainnya:
Demi Kelancaran PON, Pengungsi Rohingya Dipindah dari Banda Aceh ke Lhokseumawe

“Pekerjaan penyiar bukan hanya pekerja suara namun membangun imajinasi untuk membangun peradaban dari informasi yang disampaikan,” katanya. 

Lebih lanjut Widiarsih menuturkan, di tengah kondisi pasca-Covid 19 ini penyiar harus memiliki kemampuan Resiliensi apalagi saat ini masuk era disrupsi. ” Dunia kepenyiaran harus lebih berani, radio boleh berdisrupsi tapi penyiar jangan. Resiliensi menjadi syarat mutlak bagi penyiar,” kata dia.

Kepala monumen Pers Widodo Hastjaryo menyambut gembira terbentuknya wadah organisasi profesi penyiar seluruh Indonesia. Inisiasi dan deklarasi dilaksanakan di Monuman Pers Solo. “Bangga dan bahagia Persiari di deklarasikan di Monumen Pers, karena di gedung inilah deklarasi radio pribumi pertama yang turut serta berkontribusi pada kemerdekaan RI,” katanya. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi