Minggu, 05/05/2024 - 03:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Temukan Gejala Flu Singapura Pada Anak, Segera Akses Fasyankes

ADVERTISEMENTS

Bayi berusia satu tahun yang menderita hand, foot and mouth disease (HFMD) alias flu singapura dirawat di rumah sakit di Hanoi, Vietnam, 1 September 2011.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 YOGYAKARTA — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta mengimbau agar segera mengakses fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) jika ditemukan adanya gejala flu singapura (hand, foot, and mouth disease/HFMD), terutama pada anak. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Hal ini mengingat flu singapura merupakan penyakit yang mudah menular, meski tidak menimbulkan keparahan yang tinggi. Dinkes menyebut bahwa dari kasus yang sudah ditemukan, lebih banyak anak-anak di bawah 14 tahun yang terjangkit penyakit ini di Kota Yogyakarta.  

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kalau ada anak-anak atau orang lain yang mengalami keluhan itu langsung diperiksakan ke tenaga kesehatan,” kata Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Pengelolaan Data Sistem Informasi Dinkes Kota Yogyakarta, Lana Unwanah di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Kamis (25/4/2024). 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Imunitas Tubuh Kuat Bisa Cegah Orang Tertular Flu Singapura

Lana menyebut ada beberapa gejala yang dapat dialami penderita saat terjangkit penyakit ini. Mulai dari munculnya bercak-bercak kemerahan di telapak kaki dan tangan, demam, lesu, tidak nafsu makan, hingga mengalami nyeri tenggorokan. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Demam bisa satu sampai dua hari,” ucap Lana. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Jika ditemukan adanya gejala-gejala tersebut pada anak, Lana juga meminta untuk diistirahatkan. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran lebih lanjut karena flu singapura yang bisa menular dengan cepat. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Puluhan Ribu Wisatawan Padati Objek Wisata Pantai Selatan Sukabumi

Disampaikan bahwa penularan flu singapura bisa terjadi lewat sentuhan kulit, lewat droplet, bahkan saat penderita batuk. “Sehingga, anak-anak yang mengalami gejala ini sebaiknya diistirahatkan atau diisolasi, tapi bukan isolasi seperti saat Covid-19, yang penting dipisahkan dari teman-temannya agar tidak menularkan,” jelasnya.

Bahkan, Lana juga mengimbau sekolah diliburkan jika ditemukan banyak anak di satu sekolah yang mengalami gejala flu singapura. Hal ini dilakukan untuk memutus mata penularan flu singapura. 

“Kalau di satu sekolah itu banyak sekali anak-anak yang bergejala, maka sebaiknya sekolah itu diliburkan sekitar satu periode masa inkubasi, sekitar lima atau tujuh hari itu bisa diliburkan untuk memutus mata rantai penularan,” ungkapnya. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi