Kamis, 23/05/2024 - 20:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pangdam Udayana Panen Jagung di Lombok Timur

MATARAM — Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal (Mayjen) Bambang Trisnohadi panen raya komoditas jagung bersama Kelompok Tani Pade Angen di Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (4/5/2024).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Bambang merasa bangga berada di tengah para petani dan dapat melaksanakan panen raya jagung secara bersama. “Hari ini juga akan kita lakukan Deklarasi Patriot Pangan untuk pertama kali di Pemkab Lombok Timur dengan melibatkan TNI-Polri sebagai pendamping dengan harapan agar ke depan dapat membantu kelompok tani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Baca: Danjen Kopassus Rupanya Teman Main Basket Armand Maulana di SMA

Menurut Bambang, NTB memiliki potensi besar di bidang pertanian khususnya padi dan jagung. Kabupaten Lombok Timur merupakan urutan kelima secara nasional penghasil jagung dan sebagai sentra utama jagung khususnya di Kecamatan Pringgabaya, dan Jerowaru.

Berita Lainnya:
Jokowi Kenalkan Sistem Pengairan Subak Bali di WWF

Eks Dirjen Strahan Kemenhan tersebut menilai, tanaman jagung tidak membutuhkan kadar air yang banyak. Untuk itu, kata Bambang, jagung banyak ditanam di lahan kering atau lahan tadah hujan dengan indeks penanaman mencapai IP 200 atau dua kali tanam dalam setahun.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Bambang mengatakan, Patriot Pangan merupakan inisiasi dari TNI-Polri untuk menjaga ketahanan pangan. Caranya, dengan menumbuhkan kembali semangat dan motivasi pencapaian kedaulatan pangan nasional.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Baca: Mengenal Lulusan Terbaik Akmil 1993, Seskoad 2008, dan Sesko TNI 2017

Salah satunya dengan memaksimalkan program pompanisasi kerja sama antara Kementerian Pertanian RI dengan TNI. Sehingga para tidak lagi mengalami kesulitan untuk mengairi lahan-nya.

ADVERTISEMENTS

Peraih Adhi Makayasa Akmil 1993 tersebut menginstruksikan korem dan kodim di jajarannya untuk mengikuti dan menerapkan Patriot Pangan di wilayah masing-masing. Bambang ingin korem dan kodim bisa menjadi percontohan yang bagus untuk manunggal dan sinergis antara TNI, Polri, petani dan masyarakat.

ADVERTISEMENTS

Penjabat Bupati Lombok Timur, Juaini Taofik mengatakan, tugas sebagai kepala daerah adalah menjaga inflasi dengan berbagai persoalan dari hulu sampai hilir. Permasalahan bahan pokok masih tergantung dengan impor jagung. Sehingga kemandirian pangan harus fokus dilaksanakan dengan melibatkan semua pihak.

Berita Lainnya:
Komisi X: Mendikbud Tak Punya Grand Desain Pendidikan

Baca: ‘Kehebatan Kopassus Disegani Pasukan Khusus Seluruh Dunia’

“Konsep Patriot Pangan diharapkan dapat membantu mengurangi dan mengatasi permasalahan yang terjadi pada petani. Kita harus yakin dan bersama-sama dengan pemerintah akan hadir dari hulu hingga hilir untuk membantu penyelesaian dan meningkatkan hasil pertanian,” ujar Taofik.

Dia mengakui harga jual pertanian memang masih rendah. Namun, Taofik berharap agar ke depan masyarakat tetap semangat untuk menanam dan optimistis bahwa permasalahan pasti akan ada jalan keluar.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi