Sabtu, 04/05/2024 - 15:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Sampah Makanan Bernilai Hingga Rp 300 Triliun

ADVERTISEMENTS

Bapanas bekerja sama dengan pegiat pencegahan food waste telah menggalakkan proses pembudayaan, pemberdayaan, dan sekaligus mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat di Indonesia agar tidak melakukan pemborosan makanan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Di kalangan industri rumah makan, upaya pencegahan sampah makanan juga dilakukan. Seperti di restoran berkonsep makan sepuasnya yang mengenakan tambahan bayar untuk setiap makanan tersisa atau tidak dihabiskan oleh pengunjung. Cara itu rupanya lumayan membuat tamu restoran berpikir dua kali untuk mengambil makanan berlebihan yang berujung mubazir karena tidak sanggup menghabiskannya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Sementara dari perorangan atau secara individu, apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dosa akibat makan berlebih dan menyampah pada akhirnya?

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

1. Secukupnya

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Belanja bahan pangan terencana dan secukupnya. Ketika pergi berbelanja ke pasar tradisional atau moderen, siapkan daftar belanjaan dan belilah sesuai rencana dan dalam jumlah cukup. Cukup dalam artian telah menghitung jumlah anggota keluarga (atau tamu) yang akan makan di rumah. Hindari kalap dengan membeli apa saja yang tampak menggoda namun sesampai di rumah tidak tahu akan dimasak apa atau tidak memiliki cukup waktu untuk memasaknya, kemudian bahan makanan itu menginap berminggu-minggu di dalam lemari pendingin dan ujung-ujungnya dibuang karena sudah tidak layak konsumsi. Begitupun ketika memasak makanan, masaklah dalam jumlah yang sekiranya cukup dan tidak banyak berlebih.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Salatiga Hingga Semarang Titik Krusial Arus Balik Mudik

2. Porsi disesuaikan

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ketika makan di luar, baik di warung atau di restoran mintalah porsi yang sesuai dengan kemampuan makan anda atau daya tampung lambung. Pastikan makanan yang terhidang akan dihabiskan. Bila porsi makan anda sedikit namun tidak diperbolehkan minta separuh porsi, misalnya, bayarlah makanan itu seharga satu porsi namun anda ambil makanan setengahnya/secukupnya untuk menghindari makanan tersisa.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Bapanas Optimalkan Serap Pangan Cegah Dampak Gejolak Global

3. Sedekah

Tidak ada larangan anda makan mewah di restoran tapi pikirkanlah juga bahwa masih banyak orang di luaran sana yang mungkin belum makan dan kesulitan untuk memperoleh makanan karena keterbatasan uang yang mereka miliki. Maka untuk mengurangi rasa bersalah, sisihkanlah sekira 10 persen dari nilai tagihan restoran yang anda makan hari itu, lalu berikan kepada duafa yang anda jumpai dalam perjalanan pulang.

Bila gerakan cegah sampah makanan bisa dilakukan secara berjamaah oleh segenap masyarakat Indonesia, bayangkan nilai kerugian yang Rp 300 triliun lebih itu akan bisa memberi makan 26 juta warga miskin. Mari mengurangi dosa dengan berhenti menjadi penyampah makanan!

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi