Sabtu, 27/04/2024 - 00:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Komunitas Sesama Nelayan di Tasikmalayaa Bangun Rumah Produksi Pisang Sale

ADVERTISEMENTS

 TASIKMALAYA — Para perempuan penangkap hasil laut yang tergabung dalam sukarelawan wanita nepayan meresmikan Rumah Produksi Pisang Sale akhir pekan ini. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Rumah Produksi Sale itu terletak di Kampung Pasirsalam RT010/002 Desa Cipanas, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Rumah produksi tersebut merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat. Salah satunya untuk meningkatkan perekonomian warga setempat khususnya istri-istri nelayan di Kecamatan Cipatujah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Mereka berkolaborasi bersama pelaku UMKM rumah produksi pisang sale Ibu Ooh yang telah memiliki kekuatan dalam segi pemasaran dan kualitas produksi selama tiga puluh tahun. 

ADVERTISEMENTS

“Tujuannya untuk membantu perekonomian masyarakat Desa Cipanas khususnya dan sekitar Kecamatan Cipatujah,” ucap Ketua Wanita Nelayan Sadulur Ganjar, Desi Aryanti, seperti dilansir pada Ahad (19/3/2023). 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Razia Pertama Seusai Libur Lebaran, Jalur Transjakarta Jatinegara Jadi Target

Rumah Produksi Pisang Sale tersebut nantinya bakal dikelola dan dibina langsung oleh Ibu Ooh sekaligus memberdayakan kaum perempuan di sejumlah di Kecamatan Cipatujah.

Dalam kesempatan ini, para ibu setempat pun diberikan keterampilan bagaimana cara memproses pisang menjadi olahan camilan berdaya jual untuk menambah pendapatan rumah tangga.

“Wanita Nelayan Sadulur Ganjar ini mudah-mudahan bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk wanita-wanita bisa di sini bekerja sama membuat sale di sini untuk membantu perekonomian,” ujar Desi.

Selain itu, pihaknya juga menyerahkan bantuan seperti desain dan ribuan packaging kemasan agar produk olahan sale pisang ini menarik minat pembeli dan mampu memperluas pasar.

Berita Lainnya:
Manuver PDIP Pasca-Kekalahan di MK: Tuding Gibran 2 Kali Berbohong Hingga Jokowi Bukan Lagi Kader

Adapula peralatan produksi yang diberikan di antaranya kompor, timbangan, wajan, dan alat pengering pisang (oven) sehingga memudahkan proses produksi pisang sale terutama saat musim hujan.

Atin (52 tahun, ibu rumah tangga asal Desa Cipanas mengaku senang atas program pemberdayaan masyarakat ini. 

“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan untuk warga desa Cipanas dan warga sekitar nya mewakili dari masyarakat,” kata Atin.

Senada, Ibu Ooh Rosidah pelaku UMKM Pisang Sale mengapresiasi upaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. 

“Alhamdulillah mudah-mudahan produksi usaha ini bisa lancar ke depannya. Banyak terima kasih kepada relawan,” ungkap Ooh.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi