Jumat, 10/05/2024 - 17:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Persiapkan Masinis Kereta Cepat, KCIC Sediakan Simulator Canggih

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan simulator teknologi terbaru untuk mendukung pelatihan masinis Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengatakan, simulator tersebut saat ini sudah tersedia di Depo Tegalluar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

“Para calon masinis KCJB akan mendapatkan pelatihan dengan simulator ini secara berkala,” kata Rahadian dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (22/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Dia menjelaskan, pelatihan tersebut dilakukan agar para calon masinis terbiasa mengoperasikan kereta cepat yang merupakan teknologi baru di Indonesia. Jika sudah dinilai layak dan mampu, kata dia, maka para calon masinis akan berlatih dengan menggunakan EMU yang sesungguhnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Rahadian memastikan, simulator tersebut memiliki interior, fitur, dan fungsi yang sama dengan sarana yang nantinya akan digunakan yaitu Electric Multiple Unit tipe KCIC400AF. Simulator EMU KCICAF400 bisa sepenuhnya mensimulasikan kondisi operasi, kinerja dinamis, karakteristrik penanganan, karakteristik trasi atau pengereman, dan karakteristik EMU lainnya dalam berbagai lingkungan serta kondisi pengoperasian.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Pupuk Kaltim Target Tanam Sejuta Pohon Tahun Ini

“Keunggulan simulator ini dibandingkan simulator lainnya adalah jumlah skenario simulasi pelatihan yang mencapai 222 skenario simulasi pelatihan,” ucap Rahadian.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dia menyampaikan, simulator tersebut juga memiliki hidrolik pada bagian bawahnya untuk mensimulasikan gerakan dan getaran yang akan dirasakan oleh para masinis KCJB nantinya. Selain itu, dapat dengan jelas mereproduksi kondisi EMU yang berjalan dalam situasi yang berbeda dari aspek penglihatan, pendengaran, gerak, dan penanganan realitas.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Setelah mendapatkan pelatihan di ruang kelas, para calon masinis KCJB akan melakukan pelatihan pada Simulator KCIC400AF. Durasi setiap kali latihan adalah sekitar 30 menit sesuai dengan waktu tempuh KCJB dari Halim ke Tegalluar.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Temui Jokowi, Bos Apple Bilang Indonesia Menarik untuk Investasi

“Para calon masinis akan dilatih bagaimana mengoperasikan Kereta Api Cepat paling canggih tersebut dan SOP yang dilakukan pada saat terjadi keadaan darurat,” ungkap Rahadian.

Simulator tersebut juga bisa memantau perkembangan keahlian setiap calon masinis yang berlatih. Dia menuturkan, pelatihan dengan menggunakan simulator tersebut akan membuat persiapan calon masinis KCJB menjadi lebih komprehensif.

“Para anak bangsa yang saat ini sedang dilatih di Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun nantinya akan melanjutkan tahapan ke praktik di simulator KCIC400AF. Pelatihan ini dihadirkan oleh KCIC untuk memastikan bahwa SDM Indonesia nantinya siap untuk mengoperasikan Kereta Api Cepat pertama di Asia Tenggara,” ungkap Rahadian. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi