Jumat, 26/04/2024 - 13:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Menhub Tambah Pelabuhan dan Jumlah Kapal Antisipasi Lonjakan Pemudik

ADVERTISEMENTS

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Budi Karya Sumadi mengatakan, Kemenhub telah menyiapkan tambahan pelabuhan sebagai titik keberangkatan, selain Pelabuhan Merak. Penambahan jumlah pelabuhan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik saat lebaran 2023

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Kemenhub telah menyiapkan tambahan pelabuhan sebagai titik keberangkatan, selain Pelabuhan Merak. Penambahan jumlah pelabuhan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik saat lebaran 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Di Merak selama ini ada tujuh pelabuhan, dan sekarang ini ada tambahan 5 pelabuhan di Ciwandan,” kata Menhub usai rapat terbatas persiapan arus mudik lebaran di Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip pada Sabtu (25/3).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Bappenas: Industrialisasi Percepat Pertumbuhan Ekonomi Menuju Negara Maju

Bahkan, lanjutnya, Kapolri juga meminta beberapa tambahan pelabuhan lainnya seperti di Pelabuhan Indah Kiat Cilegon dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya di Bandar Lampung sebagai alternatif titik keberangkatan lainnya untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak.

ADVERTISEMENTS

Selain menambah jumlah pelabuhan sebagai titik keberangkatan, Kemenhub juga menambah jumlah kapal.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Apa yang kita lakukan di penyeberangan bukan saja menambah pelabuhan tapi juga menambah jumlah kapal. Kami menugaskan Pelni untuk memindahkan tujuan Ciwandan ke Panjang,” tambah dia.

Berita Lainnya:
Luhut Tegaskan Kerja Sama Indonesia-China Semakin Kuat

Dalam ratas ini, Menhub juga menyampaikan perkiraan lonjakan jumlah pemudik pada tahun ini yang mencapai 47 persen, dari 85 juta menjadi 123 juta orang. Sedangkan di Jabodetabek, jumlah pemudik meningkat hingga 27 persen yakni dari 14 juta menjadi 18 juta orang.

“Kami melaporkan bahwa terjadi satu kenaikan jumlah saudara-saudara kita yang mudik dari 85 juta menjadi 123 juta orang. Untuk di Jabodetabek dari 14 juta jadi 18 juta. Artinya terjadi kenaikan 47 persen untuk nasional dan 27 persen untuk Jabodetabek,” jelas Menhub.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi