Sabtu, 15/06/2024 - 12:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Industri Galangan Belum Sepenuhnya Dapat Perhatian Pemerintah

 JAKARTA — Pelaku usaha galangan kapal yang tergabung dalam Institusi Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) merasa belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Padahal industri ini sangat berperan dalam menopang arus logistik nasional.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ketua Umum Iperindo, Anita Puji Utami, mengatakan sejauh ini pemerintah belum sepenuhnya memberikan dukungan nyata kepada asosiasi yang menaungi galangan yang menjadi supporting transportasi laut. Pemerintah perlu memberikan insentif-insentif yang terkait dengan keberlangsungan usaha industri ini, baik berupa insentif perpajakan, suku bunga perbankan, subsidi  listrik, pengembangan SDM, maupun lainnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Industri ini harus mendapat perhatian dari pemerintah dan tidak bisa diremehkan. Ke depan, industri perkapalan yang ada di Indonesia harus mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah,” ujar Anita.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Pernyataan Anita itu mengemuka untuk merespons sejumlah permasalahan, isu strategis dan prospek serta pemetaan tantangan para pelaku industri galangan kapal ke depan. Isu lain yang dibahas menyangkut industri galangan yang belum mengambil peran dalam perawatan kapal-kapal yang berlayar di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI). 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
BRI Kembali Buka Tiga Program Rekrutmen Pekerja

 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Alumni ITS Surabaya ini mengatakan karena industri perkapalan nasional belum mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah sehingga fasilitas yang dimiliki sangat terbatas. Terutama fasilitas insentif pajak maupun suku bunga perbankan. “Otomatis industri ini tidak bisa berkembang untuk melakukan pengembangan atau menambah fasilitas yang bisa mendukung kapal-kapal yang berada di jalur ALKI terutama yang berukuran besar,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Apabila pemerintah bisa memberikan kebijakan terkait itu, Anita yakin industri bisa mendukung seluruh layanan. Baginya, ini merupakan prospek yang bagus sekali karena industri galangan kapal adalah industri yang padat karya, padat teknologi dan padat modal. “Bisa dikatakan industri ini adalah industri yang strategis sehingga harus didukung pemerintah,” ujar Anita. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Pertamina Gerak Cepat Tangani Rembesan Pipa Tuban, Kondisi Aman

Ketua Dewan Penasehat Iperindo, Bambang Haryo Soekartono, berharap asosiasi dapat diperhatikan pemerintah. Permasalahan yang sedang dihadapi Iperindo juga bisa diselesaikan pemerintah secara baik sehingga membuat iklim usaha galangan semakin baik.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“Industri galangan atau industri maritim ini harus betul-betul ada di Indonesia dan berkembang lebih baik. Setidaknya, ada 42 ribu kapal yang ada di Indonesia baik logistik dan komersial, itu semuanya sangat bergantung pada Iperindo atau industri galangan,” kata Bambang. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Industri galangan memiliki peran strategis di Indonesia. Arus penumpang dan logistik sangat bergantung pada industri ini,” katanya menambahkan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالَ إِنَّكَ لَن تَسْتَطِيعَ مَعِيَ صَبْرًا الكهف [67] Listen
He said, "Indeed, with me you will never be able to have patience. Al-Kahf ( The Cave ) [67] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi