Sabtu, 27/04/2024 - 03:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Survei LSI: Elektabilitas Prabowo Salip Ganjar, Anies Stabil

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyampaikan hasil surveinya terkait dukungan terhadap kandidat calon presiden di pemilu 2024. Dari survei yang dilakukan dengan simulasi tiga nama dengan suara tertinggi yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan, nama Prabowo berhasil menyalip suara Ganjar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan mengatakan, nama Prabowo Subianto terus mengalami penguatan. Prabowo unggul dengan suara 30,3 persen, meningkat dari sebelumnya 26,7 persen.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Untuk pertama kali sejak setahun terakhir, Prabowo menjadi nomor 1 yaitu 30,3 persen. Disusul Ganjar 26,9 persen, dan Anies 25,3 persen,” ujar Djayadi dalam paparan hasil survei nasional LSI ‘Kepercayaan Publik terhadap Lembaga Penegak Hukum, Isu Piala Dunia U-20, Aliran Dana Tak Wajar di Kemenkeu, Dugaan Korupsi di BTS, dan Peta Politik Terkini’, Ahad (9/4).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Ini Sosok 4 Menteri Jokowi yang Diminta Kubu Anies dan Ganjar Jadi Saksi Sengketa Pilpres di MK

Dari survei ini, terlihat tren penurunan tajam dari suara Ganjar Pranowo. Selama dua bulan terakhir, Ganjar mengalami penurunan sekitar 8 persen yakni dari 35 persen menjadi 26,9 persen.

ADVERTISEMENTS

“Yang menarik, penurunan delapan persen itu belum diambil atau belum berpindah ke Prabowo atau Anies,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sementara suara dukungan untuk Anies Baswedan cenderung stabil dan mengalami sedikit penguatan sebesar 1,3 persen, yakni dari 24 persen pada Februari menjadi 25,3 persen.

Berita Lainnya:
Penjajah Israel Tahan 107 Pasien di Kompleks Medis Al Shifa Gaza  

“Itu berarti 8,1 persen turunnya suara Ganjar itu terpecah atau menjadi undecided. Sebagian ke Prabowo, sedikit ke Anies. Tapi itu dugaan. Tapi poin utamanya terjadi penurunan signifikan. Tampaknya ada perpindahan suara dari Ganjar ke Prabowo,” ujar Djayadi.

Survei LSI ini dilakukan pada 31 Maret sampai 4 April 2023. Sebanyak 1.229 responden terlibat dalam survei ini. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) yakni teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Margin of error survei ini diperkirakan kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi