Minggu, 05/05/2024 - 19:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Biji-bijian Ukraina akan Transit ke Lima Negara Eropa

ADVERTISEMENTS

Seorang pemanen mengumpulkan gandum di desa Zghurivka, Ukraina, Selasa, 9 Agustus 2022. Biji-bijian Ukraina akan Transit ke Lima Negara Eropa

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 BRUSSEL — Komisi Eropa mengatakan pada Jumat (28/4/2023), telah mencapai kesepakatan prinsip untuk mengizinkan transit biji-bijian Ukraina dilanjutkan melalui lima negara Uni Eropa (UE) yang telah memberlakukan pembatasan. Kelima negara itu Bulgaria, Hungaria, Polandia, Rumania, dan Slovakia. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Wakil Presiden Komisi Eropa Valdis Dombrovskis menyatakan di Twitter, bahwa eksekutif UE telah mencapai kesepakatan prinsip dengan lima negara. “Untuk mengatasi masalah kedua petani di negara-negara tetangga UE dan Ukraina,” ujarnya. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dombrovskis mengatakan, kesepakatan itu termasuk langkah pengamanan untuk empat produk gandum, jagung, rapeseed, dan biji bunga matahari. Kesepakatan itu juga mencakup paket dukungan senilai 100 juta euro untuk petani lokal.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
EU: Korut, Hentikan Provokasi, Mulai Dialog

Lima negara UE khawatir biji-bijian dari Ukraina yang dimaksudkan diekspor ke negara lain berakhir di pasar lokalnya. Kondisi itu dapat menekan harga bagi petani lokal.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan telah berbicara dengan  Presiden Dewan Eropa Charles Michel pada Jumat. Pembicaraan ini untuk menyampaikan keprihatinan atas larangan destruktif atas ekspor produk pertanian dari negaranya. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Ini memberi Kremlin harapan yang berbahaya, harapan bahwa di rumah kita bersama di Eropa, keputusan salah seseorang dapat menang atas kepentingan bersama,” kata Zelenskyy dalam video.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
NATO Bantah Rencana Kehadiran Serdadu Tempur Sekutu di Ukraina

Kelima negara tersebut menjadi jalur transit biji-bijian Ukraina yang tidak dapat diekspor melalui pelabuhan Laut Hitam negara tersebut karena invasi Rusia. Kemacetan kemudian menjebak jutaan ton biji-bijian di negara-negara yang berbatasan dengan Ukraina. Kondisi itu memaksa petani lokal untuk bersaing dengan masuknya impor murah Ukraina yang dinilai mendistorsi harga dan permintaan.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan, kesepakatan itu mempertahankan kapasitas ekspor Ukraina. “Sehingga terus memberi makan dunia, dan mata pencaharian petani kami,” katanya. 

sumber : Reuters

Dari daftar di bawah ini, mana nih Hape favorit Kamu?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi