Rabu, 22/05/2024 - 02:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Surat Terbuka Alumni UGM untuk Ganjar dan Anies, Tetaplah Bersahabat Jabatan Hanya Amanah

Oleh: TM. Luthfi Yazid, alumnus Universitas Gadjah Mada

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Sahabatku Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang baik, semoga sahabat berdua bersama keluarga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, Aamiin Ya Rabbal Alamin.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Sehubungan dengan masih dalam hembusan suasana fitri, izinkan saya mengucapkan Selamat Idulfitri 1444 H/2023 M, mohon maaf lahir dan batin. Selanjutnya, saya selaku sahabat anda berdua, ingin menyampaikan pesan Proklamator kita, Ir. Soekarno, dengan ucapannya: “Kutitipkan bangsa dan negeri ini kepadamu!”. Tentu saya tidak berpretensi seperti Bung Karno sebab beliau adalah tokoh utama bangsa yang sangat kita hormati dan begitu banyak jasanya bagi negeri ini. Saya semata-mata hanya mencupliknya karena pesan itu patut kita renungkan dan disematkan kepada sahabat berdua.

Sahabatku Ganjar dan Anies  yang baik, saya mengenal sahabat dari jarak cukup dekat sebab kita satu generasi dan satu kampus. Bahkan, Ganjar merupakan teman sekelas saya di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), teman diskusi tentang kaum muda dan kawan berdebat saya; sejak mahasiswa, di beberapa kesempatan, saya dan Anies juga kerap berdiskusi tentang kehidupan kampus, spirit hidup dan masa depan negeri ini.

Rumah orang tua istri Anies dan rumah orang-tua istri saya juga bertetangga. Dari Ganjar dan Anies inilah, saya juga banyak belajar. Terkadang kita pernah saling mengunjungi rumah satu sama lain, meski sangat jarang.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Ganjar Pranowo: Perlu Ada Ruang Check and Balances di Pemerintahan

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Saya menyaksikan, sejak mahasiswa sahabat berdua adalah aktivis kendati berbeda fakultas maupun organisasi. Kecintaan anda berdua kepada negeri ini, kepada merah-putih tak diragukan lagi. Selepas dari Bulaksumur (Kampus UGM), jalan hidup sahabat berbeda-beda. Memang begitulah hidup dan misteri yang mesti kita jalani.

Saat mahasiswa, sudah banyak yang memprediksi masa depan sahabat berdua kelak sahabat berdua diramalkan akan menjadi tokoh dan orang penting di negeri ini, dan itu menjadi kenyataan. Karena kapabilitas sahabat berdua serta saking sayang serta hormatnya kepada Anda berdua, jauh sebelum ada pendeklarasian capres —dalam sebuah WhatsApp Group yang terdiri dari beberapa mantan aktivis UGM segenerasi, bahkan di group WA tersebut pada awalnya ada Ganjar dan Anies— saya menggulirkan ide agar Anda berdua diduetkan menjadi capres dan cawapres RI (terserah dirundingkan siapa yang mau capres dan siapa yang mau cawapres). Sebagian merespon positif ide tersebut, yang lainnya memilih untuk tidak mendiskusikan hal-hal yang berbau politik dan Pilpres karena dua-duanya adalah kawan.

ADVERTISEMENTS

Meskipun saat ini belum ada penetapan/keputusan resmi dari KPU RI mengenai pencalonan sahabat sebagai calon resmi Presiden RI, namun PDI Perjuangan telah secara resmi mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI, begitu juga dengan Partai Nasdem, Partai Demokrat dan PKS, yang telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon Presiden RI dalam Pemilu mendatang; pun ada juga Prabowo Subianto (dalam sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi saya adalah 1 dari 8 pengacara Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno) yang sudah dijagokan Partai Gerindra sebagai capres. Mungkin masih akan ada lagi capres dan cawapres lainnya sampai ada penetapan resmi dari Komisi Pemilihan Umum untuk penyelenggaraan Pemilu 2024?

ADVERTISEMENTS

Setelah pencalonan sahabat berdua oleh para partai politik tersebut, maka media, khususnya media sosial—hiruk pikuk menyiarkan tentang profil, sejarah dan sepak terjang sahabat. Banyak aspek disoroti dan dikuliti. Tidak jarang juga dari pemberitaan atau media tersebut telah mengalami distorsi, lepas dari konteks serta situasionalnya, bukan gambaran diri sahabat berdua yang sesungguhnya.

Berita Lainnya:
Nasdem-PKB Gelombang Pertama Gabung ke Prabowo, Anies-Cak Imin Kemungkinan jadi Menteri

Saya menyaksikan, Anda berdua bersahabat dengan baik. Bahkan memiliki jalur “komunikasi khusus”, setidaknya sampai sebelum sahabat berdua dideklarasikan. Hubungan harmonis tersebut mudah-mudahan dapat ditiru oleh massa pendukung masing-masing (?), karena faktanya tidak sedikit yang kemudian “membentrokkan” dan “membenturkan” sahabat berdua. Dan kini situasinya sudah mulai terasa dan memanas.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi