Jumat, 03/05/2024 - 03:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Bank Sentral Filipina Modifikasi Aturan Bank Syariah

ADVERTISEMENTS

Perbankan Syariah. (ilustrasi)

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

MANILA — The Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) telah menyetujui persyaratan kapitalisasi minimum yang dimodifikasi unit perbankan syariah. Hal ini dalam upaya untuk mengembangkan sistem perbankan syariah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Seperti dilansir dari laman Manila Times, Senin (1/5/2023) BSP mengatakan kebijakan ini lebih memberikan keleluasaan dalam perizinan unit perbankan syariah dari bank konvensional yang berkualitas. Kebijakan tersebut memungkinkan bank umum konvensional atau bank anak perusahaan dari bank universal, yang memenuhi persyaratan modal minimum masing-masing kategori perbankan, untuk mengoperasikan unit perbankan syariah dalam jangka waktu tidak lebih dari lima tahun.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Gubernur Felipe Medalla mengatakan BSP bertujuan untuk memberi insentif kepada bank konvensional untuk menguji, mengeksplorasi, dan mengembangkan pasar produk dan layanan perbankan syariah dengan perlindungan yang hati-hati.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Wapres: Syariah tak Hanya Soal Ibadah

“Dengan melakukan itu akan mendukung masuknya masa kritis pemain perbankan Islam di negara ini,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Bank konvensional yang memenuhi syarat dengan unit perbankan syariah juga akan diberikan kehati-hatian dalam memenuhi persyaratan modal minimum. Ini didasarkan pada jumlah sebenarnya cabang atau unit yang digunakan dalam operasional perbankan syariah.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Penerapan kerangka kerja penegakan BSP memberikan perlindungan kehati-hatian untuk memastikan akuntabilitas rencana bisnis. Bank harus berkomitmen dan punya rencana peningkatan modal setelah masa transisi bank.

Sebelumnya, BSP mengatakan komitmen pada upaya intensif untuk membangun ekosistem keuangan syariah yang inklusif dan berkelanjutan. Secara umum Reformasi peraturan kehati-hatian BSP pada perbankan syariah mencakup perizinan, tata kelola syariah, manajemen risiko likuiditas serta pedoman pelaporan, yang baru-baru ini dikeluarkan berdasarkan Surat Edaran BSP 1139.

Berita Lainnya:
Dirut KAI: Ketepatan Waktu Perjalanan Kereta Api Mendekati 100 Persen

BSP mengungkapkan studi kebijakan dalam pipa termasuk penelitian tentang akun investasi bagi hasil, persyaratan modal minimum unit perbankan syariah, dan rasio kecukupan modal bank syariah dan unit perbankan syariah. Melengkapi peraturan ini ada pedoman Biro Pendapatan Dalam Negeri tentang netralitas pajak.

Ini menetapkan bahwa transaksi perbankan syariah harus dikenakan pajak. Jumlahnya sama dengan transaksi perbankan konvensional. Ada juga aturan soal kerangka dasar Komisi Asuransi tentang takaful atau asuransi Islam. Bank Investasi Islam Al Amanah Filipina tetap menjadi satu-satunya bank di negara yang berwenang untuk menawarkan perbankan Islam.

Dari daftar di bawah ini, mana nih Hape favorit Kamu?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi