Selasa, 30/04/2024 - 09:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Kewajiban dan Enam Hak atas Sesama Muslim

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Sebagian Muslim mungkin masih ada yang belum mengetahui apa saja kewajiban dan hak kepada sesama Muslim. Hadits Nabi Muhammad SAW menyampaikan tentang kewajiban dan hak sesama Muslim.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Hadits tentang kewajiban seorang Muslim kepada Muslim yang lain, diriwayatkan dari Abu Hurairah RA. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Kewajiban seorang Muslim terhadap saudaranya sesama Muslim adalah: (1) Menjawab salam, (2) mendoakan yang bersin, (3) memenuhi undangan, (4) mengunjungi yang sakit, (5) ikut mengantar jenazah.” (HR Muslim)

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Adapun hadits yang menjelaskan soal hak seorang Muslim kepada Muslim yang lain, diriwayatkan dari Abu Hurairah RA dalam Shahih Muslim. Nabi SAW bersabda, “Hak seorang Muslim terhadap Muslim lainnya ada enam perkara.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kemudian beliau SAW ditanya seseorang, “Apa saja enam perkara itu wahai Rasulullah SAW?” Rasul menjawab, “(1) Bila engkau bertemu dengannya, ucapkan salam kepadanya. (2) Bila dia mengundangmu, maka penuhilah undangannya. (3) Bila dia minta nasihat, berilah nasihat. (4) Bila dia bersin lalu membaca tahmid, maka doakanlah semoga dia memperoleh rahmat. (5) Jika dia sakit, jenguklah. (6) Dan jika dia meninggal, ikutlah mengantar jenazahnya ke kubur.” (HR Muslim)

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Muslihat Jin kepada Manusia di Era Nabi Sulaiman yang Bertahan Hingga Kini

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Adapun mengenai salam, Islam mengajarkan bentuk sapaan dengan ucapan salam bagi kaum Muslimin. Salam bukan hanya berfungsi sebagai sapaan, melainkan sebuah syariat, doa, sekaligus penghormatan, yang dalam bahasa Alquran disebut tahiyyah.

“Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu.” (QS An Nisa ayat 86)

Berita Lainnya:
5 Rahasia di Balik Asmaul Husna, Nama-Nama Allah SWT yang Agung

Nabi Muhammad SAW mengajarkan ucapan salam secara pasti, yaitu “Assalaamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh”. Salam untuk diamalkan, dihidupkan, disebarkan, dan dibiasakan oleh umatnya. Anjuran ini dijelaskan secara rinci kepada siapa, kapan, bagaimana, dan siapa yang seharusnya memulai memberi salam serta keuntungan yang bakal didapat dari mengucapkan salam.

Salam juga merupakan doa. Salam yang diajarkan Rasulullah SAW memiliki arti “Semoga keselamatan, rahmat, dan berkah dianugerahkan Allah kepada kalian.”

Ada tiga hal yang terkandung dalam salam, yakni keselamatan, kasih sayang (rahmat), dan keberkahan Allah. Berkah, dalam kacamata para ulama, terutama Imam Nawawi, Imam Ghazali, dan Imam Qurthubi adalah tumbuh dan berkembangnya kebaikan.

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi