Senin, 20/05/2024 - 07:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

ESDM Sebut Negosiasi Akuisisi Saham Shell di Blok Masela Berjalan Alot

Menteri ESDM Arifin Tasrif. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, menyebut proses akuisisi saham Shell oleh PT Pertamina (Persero) di proyek gas Lapangan Abadi, Blok Masela berjalan alot.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, menyebut proses akuisisi saham Shell oleh PT Pertamina (Persero) di proyek gas Lapangan Abadi, Blok Masela berjalan alot. Padahal sebelumnya pemerintah menargetkan Pertamina akan mulai mengelola Blok Masela menggantikan Shell.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Adapun salah satu penyebab alotnya akuisisi yakni soal besaran dana yang harus dikeluarkan Pertamina untuk mencaplok 35 persen saham Shell sebagai pemegang Participating Interets (PI) atau hak partisipasi di Masela.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Competency Development Program 2024: Inisiatif Baru Pertamina dalam Transformasi Budaya

“Masih dalam proses negosiasi, ya agak alot. Mestinya Shell dia lebih mengerti karena sejarahnya Shell di Indonesia sudah lama, dia (dapat manfaat) sudah banyak,” kata Arifin di Jakarta, akhir pekan ini.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Arifin kembali menjelaskan, pemerintah mendorong Pertamina untuk mengakuisisi saham Shell karena Indonesia harus melakukan transisi energi dari batu bara ke gas bersih. Di saat bersamaan, permintaan terhadap gas juga demikian meningkat.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia menyebut, Shell yang ingin hengkang dari Blok Masela sudah sejak lama menawarkan akusisi sahamnya kepada internasional. Hanya saja belum ada yang berminat.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Survei BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat, Tapi Tetap Prospektif

“Sekarang ini, pemerintah itu mau mendorong wakil pemeirntah (Pertamina) untuk bisa masuk mengisi yang selama ini Shell nawar ke mana-mana kosong,” ujar dia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Sebelumnya, Arifin juga menuturkan, akusisi saham Shell di Blok Masela akan dilakukan secara mandiri oleh Pertamina. Namun setelahnya, Pertamina akan menggandeng mitra perusahaan migas internasional lain untuk bergabung membentuk konsorsium baru bersama Inpex Corporation yang masih memegang 65 persen saham Blok Masela.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Diketahui, perusahaan internasional yang akan digandeng Pertamina yakni Petroliam Nasional Berhad (Petronas) dari Malaysia.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi