Jumat, 26/04/2024 - 12:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Apakah Kedepannya Mobil Listrik Lebih Terjangkau?

ADVERTISEMENTS

Lusinan kendaraan listrik baru sedang dalam perjalanan, dan banyak dari mereka diharapkan menjadi model yang terjangkau. Ini berarti perubahan revolusioner di pasar otomotif.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pasar mobil listrik (EV) di Amerika Serikat dan beberapa negara lain masih merupakan bagian kecil dari penjualan mobil baru.  Tetapi berkembang pesat dan menarik perhatian setiap pembuat mobil di seluruh dunia. Ini juga mendapat perhatian politisi dan pembuat kebijakan, yang melihatnya sebagai front utama dalam pertempuran melawan perubahan iklim global.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS

Meskipun revolusi EV modern dimulai dengan paket baterai yang dimasukkan ke dalam mobil ekonomis dengan harga murah, seperti Fiat 500e, Mitsubishi i-Miev, dan Volkswagen e-Golf, revolusi ini telah berevolusi sehingga mobil dengan motor listrik sebagian besar adalah premium. Penawaran dengan harga  jauh di atas harga yang akan Anda bayarkan untuk kendaraan bertenaga gas yang setara.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

“Yang perlu kita sadari di sini adalah bahwa pasar EV masih sangat baru di AS,” kata Paul Waatti, analis industri AutoPacific. “Ini sangat diposisikan sebagai penawaran premium pada saat ini. Hingga saat ini, EV condong ke pengadopsi awal, dan orang-orang yang relatif kaya bersedia menangani beberapa masalah EV, seiring perkembangan teknologi.”

 

Waatti mengatakan banyak hal perlu terjadi sebelum adopsi EV secara luas terjadi. Beberapa di antaranya terkait dengan infrastruktur pengisian daya, sementara yang lain menyertakan evolusi dalam cara pembuatan EV dan berapa biayanya.

 

Menurut data AutoPacific, 41 persen konsumen yang mengatakan mereka tidak menginginkan EV menyalahkan harga atas keputusan mereka. Namun, 35 persen dari “penolakan” itu akan berubah pikiran jika lebih banyak EV dihargai di bawah 35.000 dolar AS atau setara Rp 507,5 juta dengan kurs Rp 14.500 per dolar AS..

 

Dengan harga yang dilihat sebagai batu sandungan yang signifikan untuk adopsi EV secara luas, pertanyaannya adalah apakah harga akan turun, kapan akan turun, dan seperti apa EV dengan harga lebih rendah?

 

Akankah harga EV turun?

“Ya, mereka akan melakukannya,” kata Tyson Jominy, wakil presiden Data & Analytics di JD Power. “Kami telah melihatnya sejauh ini Tesla telah menurunkan harga,” katanya. Ia menambahkan, “Jadi, kami telah melihat posisi harga yang sangat agresif dari setidaknya satu peserta. Ford telah mengikutinya.”

 

Namun, model Tesla dan Ford dengan potongan harga masih membawa label harga yang menempatkannya di antara penawaran EV premium.

 

 

 

Dua dari EV dengan harga terendah yang tersedia saat ini, Chevrolet Bolt EV dan Chevrolet Bolt EUV, berada di tahun terakhir produksinya setelah General Motors mengumumkan kematiannya. Namun, tidak terlalu banyak yang harus dibaca tentang berita itu, karena Chevrolet memiliki model yang lebih modern dan terjangkau yang akan segera hadir, Chevrolet Equinox EV 2024.

 

“Saya pikir peluncuran terpenting tahun ini adalah Equinox EV,” kata Waatti. “Akhirnya, kami memiliki sesuatu yang mendekati angka 30.000 dolarAS itu. Equinox EV adalah jenis EV arus utama pertama yang mencentang sebagian besar kotak tersebut. Menarik, ini adalah SUV, berada di jantung pasar dalam hal ukuran dan memiliki jangkauan yang layak.”

 

JD Jominy Power setuju. “Ini adalah SUV, memiliki nama pengakuan, dan sepertinya GM berencana untuk mendapatkan skala ekonomi tersebut,” katanya. “Jadi, Anda akan segera melihat kendaraan seharga 30.000 dolar AS tepat pada titik yang dibutuhkan industri. Ini akan menjadi kasus uji yang bagus.”

 

Ketika Anda memperhitungkan Kredit Pajak Mobil Listrik Federal, ditambah insentif negara bagian, banyak pembeli akan bisa mendapatkan Equinox dengan harga jauh di bawah 30.000 dolar AS.

 

Siapa lagi yang menawarkan EV terjangkau?

General Motors bukan satu-satunya pabrikan dengan EV dengan harga lebih rendah yang beralih dari papan gambar menuju produksi. Pengusaha pemula Fisker telah mengumumkan Fisker Pear, persilangan kecil dengan harga awal yang ditargetkan di bawah 30.000 dolar AS. Usaha patungan antara General Motors dan Honda diproyeksikan akan membawa model dengan harga lebih rendah ke pasar pada pertengahan dekade.

 

Volkswagen telah mengumumkan akan meluncurkan 10 EV baru pada tahun 2026, dan setidaknya salah satunya diharapkan menjadi model dengan harga murah. Namun, ID.2 yang diperkenalkan baru-baru ini dilaporkan tidak ditujukan untuk Amerika. Bahkan pembuat mobil premium, termasuk Volvo dan Rivian, telah mengumumkan rencana untuk EV dengan harga lebih murah.

Berita Lainnya:
Apakah Asuransi Mobil EV Lebih Mahal? Ini Rinciannya

 

“Perlu tidak hanya satu atau dua EV yang terjangkau,” kata Waatti. “Itu akan terjadi.”

 

Panduan kami untuk mobil listrik masa depan menampilkan semua EV baru yang ditujukan untuk pasar Amerika.

 

Model berikutnya Tesla

Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa pembuat mobil khusus EV Tesla memiliki kekuatan luar biasa dalam membentuk industri EV. Meskipun belum ada pengumuman resmi yang dibuat, CEO Tesla Elon Musk dengan tegas mengisyaratkan bahwa salah satu model perusahaan berikutnya adalah EV dengan harga lebih rendah.

 

“Kami telah mengubah tujuan untuk ini beberapa kali. Kami melihat pada awal 2026,” kata Waatti dari AutoPacific. “Saya pikir itu akan memiliki banyak daya tarik di pasar. Tesla yang terjangkau pasti akan merangsang basis penggemar.”

 

Analis lain sedikit lebih banyak tidak berkomentar  tentang prospek Tesla dengan harga murah.

 

“Apakah mereka ingin menjadi produk premium? Apakah mereka benar-benar ingin bersaing dengan harga 20.000 dolar AS?” tanya Jominy. “Itu masih harus dilihat. Mereka mungkin cukup dekat, mengingat fitur umum yang bisa kita lihat di model mereka yang lain.”

 

Ini bukan pertama kalinya Tesla berbicara tentang keterjangkauan. Tesla Model 3 awalnya diharapkan untuk bersaing dengan harga yang jauh lebih rendah daripada rata-rata penjualan Model 3 hari ini. Ada kemungkinan Tesla baru yang “terjangkau” akan bersaing di kisaran terendah pasar premium, melawan kendaraan seperti Acura Integra bertenaga gas, alih-alih mobil pasar massal seperti Toyota Corolla dan Honda Civic.

 

Kapan harga EV akan turun?

Selama bertahun-tahun, pakar industri telah berbicara tentang titik “paritas harga”, di mana harga mobil listrik kira-kira sama dengan harga mobil bermesin pembakaran internal. Meskipun para ahli masih memperkirakan hal itu akan terjadi, dampak pandemi COVID-19 dan masalah rantai pasokan yang berkelanjutan dapat mendorong waktu tersebut semakin lama.

 

“Ini akan terjadi di beberapa titik,” kata Waatti, “karena teknologi menjadi lebih dikomodifikasi dan diskalakan. Saya pikir tahun kalender 2027 dan 2028 adalah saat kita akan mulai melihat harga dan saat kita akan melihat entry-level , model tipe entry-level sejati.”

 

Dengan kata lain, saat kami mendapatkan lebih banyak model di pasar menggunakan teknologi umum dan kami mulai membuat EV dalam jumlah yang kami produksi kendaraan bertenaga gas, harga akan turun secara alami.

 

“Pada tingkat paling dasar, skala ekonomi harus ada untuk EV,” kata Jominy. “Saya pikir kita melihatnya sekarang dengan Tesla, dan Anda dapat melihat bahwa begitu Anda mendapatkan skala ekonomi, Anda dapat menurunkan harga. Ini adalah jalan yang sangat lambat dan panjang untuk meningkatkan produksi. Butuh sedikit waktu untuk sampai ke sana.”

 

Produksi yang diperbesar

Kecuali Tesla, AS  produsen baru mulai meningkatkan produksi EV. Banyak pabrik baru telah diumumkan atau sedang dibangun untuk mendukung industri EV Amerika yang sedang berkembang. Mereka akan mendukung produksi baterai, perakitan baterai tersebut ke dalam paket baterai dan perakitan akhir kendaraan listrik.

 

Mengapa “skala” diperlukan? Itu karena saat Anda membuat lebih banyak dari apa pun, biaya setiap unit tambahan akan turun. Anda tidak hanya meningkatkan proses produksi, tetapi Anda juga mempercepatnya dan menyebarkan biaya awal pabrik ke lebih banyak unit.

 

 

Berikut adalah contoh bagaimana penskalaan produksi di pasar EV menghemat uang. Biaya pengembangan Chevrolet Bolt EV dibagi hanya dengan satu model lainnya, Chevrolet Bolt EUV. Sebaliknya, teknologi baterai Ultium baru GM akan tersebar di banyak kendaraan, mulai dari Chevy Equinox 2024 hingga GMC Hummer EV Pickup dan Cadillac Lyriq. Dengan banyaknya pabrik yang membuat komponen umum untuk beberapa kendaraan, GM dapat mencapai pencapaian yang tidak mungkin dicapai dengan produksi Bolt EV.

 

Perbaikan teknologi

Banyak yang dikatakan tentang teknologi baterai masa depan sebagai kekuatan pendorong yang menurunkan harga kendaraan. Meskipun itu pasti sesuatu yang harus diperhatikan, teknologi tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dikembangkan dan diproduksi pada skala yang akan menghasilkan harga yang lebih rendah.

Berita Lainnya:
Periksa Mobil Pribadi Sebelum Mudik, Perhatikan Lima Bagian Pengecekan

 

Apa yang lebih mungkin, setidaknya dalam waktu dekat, adalah EV dengan harga lebih rendah akan menggunakan baterai yang lebih murah dengan kinerja lebih rendah, terutama dalam cuaca dingin. Beberapa pembuat mobil, termasuk Tesla dan Rivian, sudah menggunakan baterai lithium iron phosphate, atau LFP, yang lebih murah dalam penawaran mereka dengan harga lebih rendah. Model mereka yang lebih mahal menggunakan baterai nikel kobalt mangan (NCM) yang lebih mumpuni.

 

Seperti apa EV harga lebih rendah?

EV murah untuk Amerika kemungkinan besar akan terlihat jauh berbeda dari model murah yang dijual di sebagian besar dunia. Di mana konsumen di China dan Eropa menganggap EV dengan paket baterai yang lebih kecil, rentang yang lebih rendah, dan fitur yang lebih sedikit dapat diterima, orang Amerika tidak menganggapnya menarik.

 

“Kami cenderung membeli EV yang sangat mahal, karena kami memiliki baterai yang sangat besar,” kata Jominy. “Karena kami memiliki pikiran bahwa kami ingin melakukan satu perjalanan dalam setahun, dan kami tidak ingin terdampar di antah berantah dan tidak dapat mengisi daya.”

 

Sebagian dari itu berasal dari kurangnya jaringan pengisian cepat yang kuat dan andal di AS.

“Jadi kami mengkompensasi kekurangan infrastruktur ini, keraguan dalam infrastruktur ini, dengan paket baterai yang semakin besar,” menurut Jominy.

 

Dengan kendala itu, dan biaya komponen baterai saat ini, akan sulit untuk mendapatkan EV yang benar-benar terjangkau ke pasar, setidaknya dalam beberapa tahun ke depan. Menambah tantangan itu adalah harapan bahwa mobil listrik adalah pameran teknologi. Kemungkinan bahwa AS  konsumen tidak akan menerima kendaraan yang dilucuti dari fitur yang telah mereka nikmati di mobil yang ditenagai oleh mesin pembakaran internal.

 

“Kami sudah mencobanya,” kata Jominy. “Yang kami inginkan adalah kendaraan dengan teknologi, dengan fitur yang juga murah.”

 

Apakah ada pelanggan untuk EV harga rendah?

Meskipun ada banyak pertanyaan tentang cara mendapatkan EV murah, ada pertanyaan lain yang perlu dijawab. Apakah ada pelanggan yang akan membeli mobil listrik atau SUV listrik dengan harga murah?

 

Para ahli setuju bahwa mengembangkan basis pelanggan tersebut akan membutuhkan banyak pelatihan konsumen tentang manfaat jangka panjang dari memiliki EV.

 

“Kesadaran EV masih sangat kecil,” kata Waatti dari AutoPacific. “Saya pikir banyak orang tidak menyadari bahwa ini adalah sebuah pilihan. Saya pikir banyak dari pembeli ini ingin menghemat uang di mana pun mereka bisa, dan mereka mencari transportasi termurah yang mampu mereka beli.”

 

Jominy JD Power setuju. “Mereka mungkin belum tahu bahwa mereka adalah pelanggan EV. Akan sulit untuk mengedukasi seluruh bangsa tentang cara kerja EV. Ada banyak konsumen di luar sana yang tidak tahu bahwa mereka adalah pelanggan EV karena mereka pikir mereka mengemudi lebih dari yang mereka lakukan, dan mereka pikir EV tidak dapat mempertahankan perjalanan mereka.”

 

“Anda bisa mendapatkan Corolla dengan harga yang cukup agresif dan Anda tahu kendaraan itu akan membawa Anda ke dan dari tempat kerja sepanjang waktu dan tidak mengecewakan Anda,” kata Jominy.

 

Menambah tantangan adalah sulitnya memiliki EV dengan harga terjangkau kecuali Anda memiliki tempat parkir yang dilengkapi dengan stasiun pengisian daya yang dapat Anda gunakan dengan andal dalam semalam. Dalam banyak kasus, itu tidak termasuk penyewa dan pemilik rumah tanpa tempat parkir khusus. Itu juga dapat mengecualikan calon pembeli yang tinggal di rumah tua di mana memasang stasiun pengisian EV sangat mahal.

 

Jalan lain menuju EV yang terjangkau

Pembeli yang menginginkan kendaraan listrik yang terjangkau tanpa menunggu selama bertahun-tahun memiliki beberapa pilihan. EV bekas menjadi lebih umum, dan dalam banyak kasus, sangat terjangkau.

 

Meskipun sulit untuk memperkirakan berapa banyak degradasi baterai yang mereka derita, sebagian besar masih dapat menawarkan jangkauan yang lebih dari cukup untuk perjalanan sehari-hari. Pembuat mobil, menurut undang-undang, diwajibkan untuk memberikan jaminan garansi selama delapan tahun atau 100.000 mil untuk baterai, meskipun paket tersebut diperbolehkan dalam jumlah tertentu dengan rentang yang dikurangi selama waktu atau jarak tempuh tersebut.

 

 

sumber : Usnews.com

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi