Minggu, 05/05/2024 - 09:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Tingkatkan Perdagangan, Indonesia-Iran Sepakat Tingkatkan Perdagangan

ADVERTISEMENTS

Presiden Iran Ebrahim Raisi (kanan) berjalan memeriksa pasukan kehormatan bersama Presiden Indonesia Joko Widodo setibanya di Istana Kepresidenan di Bogor, Selasa (23/5/2023). Raisi bertemu dengan presiden Indonesia dalam kunjungan resmi untuk mempererat hubungan kedua negara.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

BOGOR — Indonesia dan Iran sepakat menandatangani preferencial trade agreement (PTA) dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Republik Islam Iran Seyed Ebrahim Raisi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/5). Jokowi berharap, kesepakatan ini bisa meningkatkan perdagangan kedua negara.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Hari ini Indonesia dan Iran telah menandatangani preferential trade agreement (PTA). Semoga dapat semakin meningkatkan perdagangan Indonesia dan Iran,” kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama usai pertemuan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Ucapkan Selamat, Anies: Selamat Bekerja Pak Prabowo dan Mas Gibran
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Selain itu, kedua pemimpin negara juga membahas terkait pembentukan kesepakatan business to business dan juga investasi pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Saya dan Presiden Raisi juga menjajaki pembentukan kesepakatan B to B kemudian investasi pembangunan Ibu Kota Nusantara dan solusi untuk investasi sektor migas,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Lebih lanjut, Jokowi dan Presiden Raisi juga membahas kerja sama bilateral. Di antaranya terkait kesehatan, pilot project untuk telerobotic surgery, pilot project untuk telemedicine, dan kolaborasi alat telemedicine di 11 puskesmas yang telah berjalan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Saya juga tadi menyampaikan terkait alih teknologi dan produksi bersama dengan BUMN Indonesia dan kerja sama bioteknologi dan nano teknologi untuk kesehatan, energi pertanian dan lingkungan,” ujar Jokowi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Sidang Praperadilan Gus Muhdlor vs KPK Digelar Hari Ini

Sedangkan terkait teknologi sinyal perkeretaapian, Jokowi berharap adanya kerja sama riset bersama, serta alih teknologi dan assembly.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Djatmiko Bris Witjaksono tak menampik saat ini seluruh negara membutuhkan pasokan minyak mentah menyusul adanya kebijakan OPEC+ dan persoalan geopolitik. Melalui PTA yang diteken Indonesia dan Iran akan membuka peluang Indonesia mendapatkan minyak mentah dari Iran.

“Selama ini memang belum ada perdagangan minyak mentah. Namun, untuk produk turunan gas ada. Melalui kesepakatan ini kita membuka peluang untuk perdagangan minyak mentah,” ujar Djatmiko dalam konferensi pers, Senin (22/5/2023).

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi