Kamis, 02/05/2024 - 17:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

MenPANRB Dorong Kementerian dan Lembaga hingga Pemda Integrasikan Aplikasi

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyebut interoperabilitas dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik diperlukan untuk mengintegrasikan aplikasi yang dimiliki kementerian dan pemerintah daerah.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan ada tiga hal dalam digitalisasi aplikasi tersebut, antara lain aksesibilitas, interoperabilitas, dan manajemen secara andal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Hindari ‘Satu Inovasi, Satu Aplikasi’. Saya mengapresiasi aplikasi umum bidang kearsipan, yaitu Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI). Karena semangat kita adalah integrasi/interoperabilitas antar-sistem dalam pemerintahan,” ujarnya seperti dikutip dari laman KemenPANRB, Rabu (24/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Mantan Bupati Banyuwangi itu juga menyebut digitalisasi kearsipan merupakan salah satu program prioritas dari Reformasi Birokrasi Berdampak atau dikenal dengan RB tematik,  salah satunya berfokus digitalisasi birokrasi.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Menpan-RB Setujui 40.839 Formasi CASN di Kemensos

“Maka itu, saya mendorong seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk mempercepat digitalisasi birokrasi ini untuk menciptakan pelayanan publik yang cepat, sederhana, dan transparan agar dapat bersaing dengan negara-negara lain,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sementara itu Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto menambahkan pentingnya pengelolaan arsip secara digital untuk menghasilkan kebijakan yang efektif dan efisien. LAN memperoleh Peringkat II pada Penghargaan Nilai Terbaik Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2022 untuk kategori Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dengan predikat AA atau sangat memuaskan.

Berita Lainnya:
Dulu Tim Ganjar, Sekarang Bela Prabowo-Gibran di MK: Jika Pilpres Diulang Maka Mulai dari Mana?

“Ini menjadi sebuah capaian yang sangat membanggakan dan patut disyukuri. LAN akan terus berkontribusi dalam mendorong digitalisasi kearsipan dalam rangka menjaga memori kolektif bangsa, karena bangsa yang hebat dan besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya sendiri,” ucapnya.

Kepala Arsip Nasional (ANRI) Imam Gunarto menambahkan kearsipan memberikan dua dampak bagi pemerintahan. Dampak pertama, mendorong percepatan reformasi birokrasi yang maju dan dampak kedua mendorong kemajuan kebudayaan melalui terbentuknya memori kolektif bangsa dan peradaban unggul.

“Penyelenggaraan kearsipan harus berdampak bagi masyarakat dan dapat menjadi enabler untuk mewujudkan good and clean government, karena arsip menjadi bukti akuntabilitas dan rujukan kerja organisasi kita,” ucapnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi