Sabtu, 27/04/2024 - 04:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Erick Ungkap Dampak Besar BUMN Karya Membangun Infrastruktur Indonesia

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menepis persepsi miring terhadap BUMN-BUMN yang bergerak di sektor infrastruktur atau karya. Erick mengatakan narasi utang besar dan bangkrut acapkali disematkan kepada BUMN karya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Ini yang kadang-kadang dampaknya tidak dirasakan,” ucap Erick usai menghadiri Indonesia-Cina Smart City Technology and Investment Expo 2023 di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis (25/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Erick mengatakan infrastruktur memiliki dampak besar bagi perekonomian nasional. Peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur seperti jalan akan mendorong peningkatan produktivitas ekonomi, konektivitas masyarakat hingga logistik. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Erick mencontohkan Korea Selatan (Korsel) yang bahkan mengalokasikan 50 persen dari anggaran negara untuk sektor infrastruktur pada 1960-an. Hasilnya, ucap Erick, Korsel kini menjadi negara dengan kemajuan yang sangat pesat. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Momen Paling Diminati Belanja, Transaksi Shopee Live Meningkat 44 Kali di Waktu Sahur

“Kalau BUMN karya tidak membangun jalan tol, harga-harga akan lebih mahal, kemacetan luar biasa yang akhirnya terjadi pemborosan BBM, ingat BBM itu impor,” lanjut pria kelahiran Jakarta tersebut. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Erick menyampaikan peningkatan infrastruktur sendiri telah memberikan bukti saat masa lebaran yang berjalan lancar sehingga kuota BBM yang dipersiapkan Pertamina pun tidak terpakai seluruhnya. 

Erick menyampaikan BUMN karya justru beperan penting dalam menyelesaikan pembangunan jalan tol yang mangkrak saat dikelola swasta. Erick menyebut hal ini menjadi tanggung jawab BUMN sebagai agen pembangunan. 

“Tol-tol yang mangkrak waktu itu dikelola swasta, BUMN mengambil alih. Jadi jangan dilihat masalah utang seakan paradigma bangkrut, tapi solusi yang diberi BUMN karya kepada masyarakat luar biasa,” ucap Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) tersebut.

Berita Lainnya:
Erick Thohir Berangkatkan Hampir 100 Ribu Peserta Mudik Gratis BUMN

Kendati begitu, Erick mengatakan terus memperbaiki kondisi BUMN karya dengan sejumlah langkah transformasi. Salah satu yang krusial, Erick ingin memastikan infrastruktur yang merupakan proyek jangka panjang tidak lagi mendapatkan pembiayaan dalam jangka pendek.

“Kita juga melakukan restrukturisasi dan utang BUMN karya di Himbara yang tadinya Rp 120 triliun turun jadi Rp 70 triliun. Artinya ada percepatan tapi harus sabar karena proyek infrastruktur itu perlu waktu, tidak mungkin seperti kita dagang mi goreng, diproduksi, besok laku. Infrastruktur itu lama, sekitar lima-delapan tahun,” kata Erick menambahkan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi