Jumat, 03/05/2024 - 08:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Ini yang Buat Pengiriman 66 Pesawat Tempur F-16V ke Taiwan Tertunda

ADVERTISEMENTS

Pesawat jet tempur F-16V buatan AS selama latihan militer Han Kuang ke-36 di Taichung, Taiwan, 16 Juli 2020. Latihan menembak langsung mensimulasikan respons terhadap serangan musuh terhadap target utama di Taiwan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

TAIPEI — Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng mengatakan masalah perangkat lunak menunda pengiriman 66 pesawat tempur F-16V dari Amerika Serikat (AS). Tapi Taiwan masih yakin seluruh pesanan akan sampai pada 2026.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pada tahun 2019 AS menyetujui penjualan F-16 produksi Lockheed Martin Corp senilai 8 miliar dolar AS ke Taiwan. Kesepakatan itu akan menambah armada F-16 Taiwan menjadi 200 pesawat jet, terbanyak di Asia. Langkah ini untuk memperkuat pertahanan Taiwan dalam menghadapi ancaman Cina yang mengklaim Taiwan bagian dari wilayahnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Iran Serang Israel, Anwar Ibrahim: Semua Harus Berperan Cari Solusi Konflik
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pada awal bulan ini Chiu mengatakan pengiriman F-16V tertunda karena masalah rantai pasokan. Tapi kemudian ia menjelaskan masalahnya berkaitan dengan perangkat lunak flight control atau kemudi pesawat dan Taiwan sedang berusaha menyelesaikan masalah ini dengan AS.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Pada prinsipnya pada tahun 2026, 66 pesawat akan tiba, jelas tidak ada masalah dengan itu,” kata Chiu, pada wartawan, Kamis (25/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dalam pernyataannya Rabu (24/5/2023) malam Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan proses pengembangan perangkat lunak tertunda. Lockheed Martin telah meluncurkan dua prototipe F-16V, salah satunya pesanan dari Inggris. Perusahaan senjata itu belum menanggapi permintaan komentar.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Chiu mengatakan Taiwan khawatir dengan penundaan ini tapi komunikasi dengan AS mengenai masalah ini “lancar.” Taiwan sudah mengubah 141 F-16A/B menjadi pesawat tempur canggih F-16V dan menambah 66 F-16V baru yang memiliki senjata dan sistem radar yang lebih baik untuk menghadapi angkatan udara Cina termasuk pesawat tempur siluman J-20.

Berita Lainnya:
Polisi Federal Australia Tangkap 7 Pemuda Terkait Penikaman di Gereja Ortodoks

Sejak tahun lalu Taiwan mengeluhkan penundaan pengiriman senjata dari AS seperti rudal anti-pesawat Stinger karena perusahaan-perusahaan senjata mengirim pasokannya ke Ukraina yang sedang bertempur melawan pasukan Rusia. Masalah ini menjadi perhatian anggota parlemen AS.

Dalam kunjungannya ke Taipei bulan lalu Ketua Komite Hubungan Luar Negeri House of Representative AS Michael McCaul mengatakan ia berusaha agar pengiriman senjata ke Taiwan dapat dipercepat.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi