Sabtu, 27/04/2024 - 11:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Per Desa 25 Juta, Rencana Bimtek Keuchik Aceh Singkil ke Tanah Jokja Jadi Sorotan

ADVERTISEMENTS

SINGKIL – Rencana pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) aparatur desa ke Yogyakarta menjadi sorotan publik karena dinilai membebankan biaya sebesar Rp 25 juta per desa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Berdasarkan surat dokumen surat yang beredar dari Even Organizer (EO) atas nama “Lembaga Diklat Anugrah Indonesia” yang mengadakan kegiatan studi desa dengan tema ‘Penguatan Ekonomi, Budaya, dan Sosial’.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Bimtek Aparatur Desa di tanah jawa itu, dijadwalkan Selasa 13 Juni hingga Jumat 16 Juni 2023 di Hotel Tjokro Style Jogja.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kegiatan studi desa yang bertujuan untuk memperkuat aspek ekonomi, budaya, dan sosial melibatkan kepala desa dan pengurus desa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam mengatasi berbagai masalah di desa agar dapat mencapai kemajuan dan kestabilan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Hadiri Rakernas BKKBN, Wapres Ingatkan Kawal Peningkatan Kualitas SDM

Namun, rencana tersebut kemudian menjadi perhatian media dan jadi perbincangan netizen di berbagai platform media sosial. Banyak yang mempertanyakan penggunaan anggaran dana desa di daerah Aceh Singkil yang masih termasuk daerah yang miskin dan sering mengalami masalah gizi buruk.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dalam konteks ini, Koordinator Lembaga Swadaya Masyarakat Transparansi Aceh (MATA) yang dihubungi oleh wartawan meminta kepada Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Marthunis, untuk mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) setempat.

“Kami meminta kepada Pj Bupati Aceh Singkil untuk segera mengevaluasi kinerja Kepala DPMK Aceh Singkil, karena Pj bupati memiliki pengetahuan yang cukup tentang perencanaan daerah,” kata Alfian, Koordinator Lembaga Swadaya MaTa.

Berita Lainnya:
Forkopimda Aceh Shalat Ied Bersama Ribuan Jama’ah di Masjid Raya Baiturrahman

Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis, diharapkan untuk mengambil langkah tegas dalam menghentikan rencana pelaksanaan bimtek karena tidak memberikan dampak positif yang signifikan, bahkan dapat dianggap sebagai modus untuk menguras dana desa tanpa memberikan manfaat yang nyata. Telah terjadi banyak masalah terkait program-program pengalaman sebelumnya.

“Dana desa seharusnya digunakan untuk kepentingan ketahanan pangan, penanggulangan kemiskinan, penguatan ekonomi masyarakat, dan penurunan angka stunting. Bukan untuk kepentingan individu yang mencari keuntungan semata, terlebih di Aceh Singkil saat ini banyak masyarakat yang menderita gizi buruk dan stunting,” ujar Alfian.

Dokumen surat yang berasal dari Even Organizer Lembaga Diklat Anugrah Indonesia turut menjadi bukti yang menunjukkan adanya rencana bimtek dengan biaya yang signifikan. | HRN

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi