Jumat, 26/04/2024 - 18:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Gubernur Dukung Pengoperasian KA CPO di Sumbar

ADVERTISEMENTS

PT KAI (ilustrasi). Pemprov Sumbar mendukung pengoperasian KA CPO.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

PADANG — Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi mendukung rencana PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mengoperasikan KA pengangkut crude palm oil (CPO/minyak sawit mentah) dari Naras, Pariaman menuju Pelabuhan Teluk Bayur.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“KA CPO ini akan mengurangi lalu lintas truk di jalur Pariaman-Padang-Teluk Bayur, sehingga bisa mengurangi kepadatan kendaraan penyebab kemacetan,” kata Mahyeldi, di Padang, Senin (5/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Selain itu, sambung Mahyeldi, KA barang itu juga akan meringankan beban jalan raya, sehingga umur pemakaian menjadi lebih panjang dan tidak cepat rusak. Dengan demikian anggaran yang seharusnya digunakan untuk pemeliharaan jalan juga bisa dimanfaatkan untuk pembangunan di sektor lain.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Dewan Kehormatan Sebut Jokowi dan Gibran Bukan Lagi Bagian dari PDIP

“Untuk angkutan barang, KA memang lebih efisien. Karena bisa membawa muatan yang lebih banyak dan memiliki kepastian dari segi waktu,” kata dia lagi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Vice President PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumbar Sofan Hidayah mengatakan, KAI menargetkan kereta api barang pengangkut CPO bisa beroperasi akhir tahun ini. “Kami minta dukungan dari semua pihak terutama pemerintah daerah,” ujar Sofan.

Ia mengatakan PT KAI rencananya akan mengoperasikan 15 gerbong dengan kapasitas sekitar 30 ton per gerbong atau maksimal 450 ton sekali angkut untuk melayani angkutan barang dari Stasiun Naras, Pariaman ke Pelabuhan Teluk Bayur. Namun untuk tahap awal terutama untuk uji coba hanya akan diaktifkan lima gerbong saja dengan kapasitas angkut sekitar 150 ton.

Berita Lainnya:
Seorang Petugas Gugur usai Padamkan Kebakaran di Gedung LBH Jakarta

Menurutnya, PT KAI Sumbar juga sudah memetakan potensi CPO yang bisa diangkut dengan KA tersebut. Terutama dari perkebunan dan pabrik pengolahan di sekitar Pariaman hingga ke Pasaman.

Sofan mengatakan data sementara ada sekitar 86 ton CPO yang bisa diangkut setiap hari dari pabrik menuju Pelabuhan Teluk Bayur. Namun data itu masih bisa bertambah.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi