Jumat, 26/04/2024 - 18:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kerusakan di Museum Ki Hadjar Dewantara, PSHT Akui Sudah Temui Pengurus Museum

ADVERTISEMENTS

Benda-benda yang digunakan saat tawuran di Komplek Perguruan Tamansiswa, Yogyakarta, Senin (5/6/2023). Komplek Perguruan Tamansiswa menjadi lokasi evakuasi anggota PSHT saat tawuran dengan warga pada Ahad (4/6/2023) malam. Imbasnya salah satu bangunan yakni Museum Dewantara Kirti Griya ditutup sementara karena mengalami sedikit kerusakan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

SLEMAN – Sejumlah koleksi di Museum Dewantara Kirti Griya rusak akibat kerusuhan yang terjadi pada Ahad (4/6/2023) lalu. Ketua Cabang PSHT Yogyakarta, Sutopan Basuki, mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa memastikan bahwa kerusakan tersebut berasal dari pihak mereka.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Namun demikian, sebagai pihak yang terlibat dalam insiden tersebut Sutopan mengatakan bahwa pihak PSHT didampingi Kapolda DIY Suwondo Nainggolan sudah menemui pengelola Museum Dewantara Kirti Griya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Menteri PPPA Bantah Kasus Perundungan di Pesantren Meningkat

“Kami dari PSHT dan Brajamusti dan Pak Kapolda sepakat bersilaturahmi atau bertemu pengelola museum, Alhamdulilah bisa diterima, bisa menerima kami semua,” kata Sutopan kepada Republika.co.id, Kamis (8/6/2023).

ADVERTISEMENTS

Dalam pertemuan tersebut PSHT juga telah menyampaikan permohonan maaf atas terjadi insiden tersebut sehingga mengakibatkan kerusakan di museum. Dirinya juga berterima kasih lantaran pihak museum juga ikut membuat situasi menjadi lebih kondusif .

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan pengurus Tamansiswa beserta tim sehingga mereda suasana,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu disampaikan Sutopan bahwa Polda DIY telah mengambil kebijakan untuk menanggung kerusakan yang timbul akibat peristiwa tersebut. Ia pun sangat mengapresiasi sikap tanggung jawab yang dilakukan Kapolda DIY.

Berita Lainnya:
Ruko di Mampang Dilalap Si Jago Merah, 24 Mobil Pemadam Dikerahkan

“Terkait kerusakan itu ditegaskan oleh Pak Kapolda secara langsung bahwa yang mengambil kebijakan selaku negara, untuk bilamana ada kerusakan dari kejadian kemarin, atas kebaikan beliau semua akan ditanggung oleh Polda. Sangat bijak dan bertanggung jawab atas hal itu, hal itu diterima oleh pengurus Tamansiswa,” ujarnya.

Sutopan juga mengimbau kepada seluruh anggota PSHT dimanapun berada untuk tidak datang ke Jogja. Ia meminta peristiwa beberapa hari lalu dicukupkan.

“Kami mengimbau dan jelas kami berstatemen jangan ada pergerakan ke Jogja,” kata dia.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi