Jumat, 26/04/2024 - 14:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Taiwan Aktifkan Sistem Pertahanan Akibat Pesawat Tempur Cina

ADVERTISEMENTS

Jet tempur Cina (ilustrasi). Cina yang mengklaim Taiwan bagian dari wilayah rutin mengirim pesawat militer ke pulau tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 TAIPEI — Taiwan mengaktifkan sistem pertahanan setelah melaporkan masuknya 37 pesawat militer Cina ke zona pertahanan udara pulau tersebut. Dalam penerobosan terbaru Cina ini beberapa pesawat terbang ke Pasifik barat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Cina yang mengklaim Taiwan bagian dari wilayah rutin mengirim pesawat militer ke pulau tersebut. Meski tidak masuk ke ruang udara Taiwan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pada Kamis (8/6/2023) Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan dari pukul 05.00 pagi waktu setempat mereka mendeteksi 37 pesawat Angkatan Udara Cina. Termasuk pesawat tempur J-11 dan J-16 serta pesawat bomber yang mampu membawa senjata nuklir H-6.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Selama Ramadhan, Baznas Salurkan Makanan Siap Saji di Palestina

Pesawat-pesawat itu terbang ke sudut barat daya zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan. ADIZ merupakan wilayah yang dimonitor dan patroli Taiwan untuk memberi waktu dalam merespon ancaman.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dalam pernyataannya Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan beberapa pesawat Cina terbang ke tenggara Taiwan dan mengarah ke Pasifik barat untuk melakukan “pengintaian udara dan latihan navigasi jarak jauh.”

Kementerian menambahkan Taiwan mengirimkan pesawat dan kapal untuk pemantauan dan mengaktifkan sistem berbasis rudal. Langkah-langkah yang diterapkan untuk merespon aktivitas militer Cina.

Berita Lainnya:
Rusia Bakal Ambil Langkah yang Diperlukan Jika Nuklir AS Muncul di Polandia

Kementerian Pertahanan Cina tidak menanggapi permintaan komentar. Cina menyelesaikan tahapan kedua latihan patroli gabungan dengan Rusia di Pasifik Barat pada Rabu (7/6/2023) kemarin. Setelah sempat mengirimkan pesawat ke langit Laut jepang dan Laut Timur Cina yang membuat Jepang khawatir.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan mengirim satu pesawat jet dalam merespon terbangnya pesawat pengumpul informasi Cina Y-9 di atas Samudera Pasifik dan timur Taiwan. Jepang juga mengajukan protes pada Cina atas masuknya kapal Angkatan Laut dan Penjaga Pantai Cina ke perairan Jepang. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi