Selasa, 21/05/2024 - 13:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

5 Kitab Suci Samawi yang Diturunkan kepada Para Nabi

Ilustrasi Alquran. 5 Kitab Suci Samawi yang Diturunkan pada para Nabi

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Sebelum diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi seluruh manusia, Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab kepada nabi-nabi dan umat-umat terdahulu.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Seorang Muslim wajib beriman kepada Alquran dan kitab-kitab samawi lainnya. Tak diketahui secara pasti berapa banyak kitab yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelum nabi Muhammad, tetapi dalam Alquran disebutkan beberapa nama kitab yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad SAW.

Di antaranya kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa, kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa, dan kitab Zabur kepada Nabi Daud, serta suhuf kepada Nabi Ibrahim. 

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Lima Ayat dalam Alquran Perintahkan Berkurban

5 Kitab Suci Samawi yang Diturunkan pada para Nabi

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

1. Alquran

 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Alquran secara bahasa berasal dari kata Alqura, yaitu berarti jamak dan menggabungkan. Sebagaimana disebutkan Quran, menyusun dan mengumpulkan dari kisah-kisah dan perintah, dan ayat-ayat.

Dan ayat-ayat disusun menjadi surat, dan bersama surat lainnya. Secara istilah maka Quran itu adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Alquran ditulis di suhuf dan disampaikan dengan penuturan sebagai sebuah lafadz penuh keajaiban.

 

2. Injil

Kitab Injil, yaitu kitab yang diturunkan Allah kepada Nabi Isa. Dan kitab Injil telah disebutkan di dalam Alquran sebanyak 12 kali. Allah menggambarkan sifat Injil dalam Alquran dengan sesungguhnya Injil itu petunjuk, cahaya, dan nasihat.

Berita Lainnya:
Mendidik Keluarga dengan Adab Syariat, Bolehkah Memukul Anak? 

Sebagaimana firman Allah:

وَقَفَّيۡنَا عَلٰٓى اٰثَارِهِمۡ بِعِيۡسَى ابۡنِ مَرۡيَمَ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيۡنَ يَدَيۡهِ مِنَ التَّوۡرٰٮةِ‌ ۖ وَاٰتَيۡنٰهُ الۡاِنۡجِيۡلَ فِيۡهِ هُدًى وَّنُوۡرٌ ۙ وَّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيۡنَ يَدَيۡهِ مِنَ التَّوۡرٰٮةِ وَهُدًى وَّمَوۡعِظَةً لِّـلۡمُتَّقِيۡنَ

 

“Dan Kami teruskan jejak mereka dengan mengutus Isa putra Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu Taurat. Dan Kami menurunkan Injil kepadanya, di dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya, dan membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu Taurat, dan sebagai petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa,” Al Maidah ayat 46.

 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi