Senin, 06/05/2024 - 05:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Kata BSI Soal Open Finance

ADVERTISEMENTS

Warga membeli cabai merah saat Operasi Pasar Murah Keliling Masuk Desa di Banda Aceh, Aceh, Selasa (23/5/2023). Operasi pasar murah keliling yang melibatkan Dinas Koperasi UMKM dan Pertamina tersebut menjual sejumlah komoditas pangan dan gas elpiji bersubsidi 3 kilogram seiring mulai naiknya harga sebagian bahan pokok di pasar tradisional.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Senior Executive Vice President (SEVP) Digital Banking PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Saut Parulian Saragih mengatakan open finance merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, lantaran memungkinkan lebih banyak UMKM mengakses pinjaman.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Open finance adalah praktik berbagi data yang memungkinkan pengguna untuk berbagi data keuangan mereka dengan pihak ketiga melalui application programming interface (API). Praktik ini juga memungkinkan bank untuk melakukan digitalisasi layanan yang terjamin keamanannya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Penerima KUR BRI Ini Bisa Kembangkan Usahanya Hingga Ekspor ke Jepang
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Open finance itu tak terelakkan dan merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan inklusi keuangan, yang sekarang menjadi salah satu tantangan UMKM,” kata Saut dalam acara Open Finance Summit 2023 di Jakarta, Rabu (21/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Namun demikian, ia menuturkan mendorong praktik open finance untuk menjangkau UMKM tidaklah cukup. Pasalnya, kapabilitas UMKM juga perlu ditingkatkan agar UMKM bisa naik kelas.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kapabilitas UMKM yang perlu ditingkatkan yakni seperti kemampuan manajemen keuangan, pemasaran, pengepakan, hingga membuat Perseroan Terbatas (PT) dan Commanditaire Vennootschap (CV).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Menurut Saut, selama ini berbagai kemampuan standar yang harus dimiliki UMKM tersebut masih sangat kurang, meski seluruh kemampuan tersebut seharusnya dimiliki oleh UMKM.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Dampak Iran Serang Israel, Pertamina Siap Jaga Ketahanan Energi Nasional

“Kalau data dari open finance sudah ada, infrastruktur sudah ada tetapi kapabilitas UMKM tidak ada, kesenjangannya masih tetap ada untuk UMKM bisa naik kelas,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian (Persero) Eka Pebriansyah berharap open finance bisa menjangkau UMKM lebih jauh lagi hingga ke wilayah pelosok.

“Kami ingin akses open finance ini bukan hanya di kota besar, tetapi seluruh Indonesia karena banyak pelaku UMKM yang belum tersentuh,” ujar Eka.

Dengan demikian, dirinya mengungkapkan kemitraan antar pelaku industri jasa keuangan sangat diperlukan dalam mendukung praktik open finance bisa berkontribusi terhadap kemajuan UMKM.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi