Kamis, 02/05/2024 - 16:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

UMY: Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi Jadi Sentral Transformasi Sosial Ekonomi

ADVERTISEMENTS

 YOGYAKARTA — Perguruan tinggi, dalam tatanan masyarakat dianggap sebagai sentral dari transformasi ekonomi sosial yang berangkat dari pengembangan potensi. Potensi diolah melalui riset dan bermuara kepada transformasi yang berdampak positif kepada masyarakat.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Hal ini disampaikan oleh Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr., dalam International Conference of Communities Services (ICCS) 2023 yang digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Kamis (22/6/23).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pendidikan merupakan pondasi dasar dari pengelolaan riset terutama melalui kegiatan akademik di perguruan tinggi. Ia menyampaikan bahwa tidak ada satupun negara maju yang memiliki pondasi pendidikan tinggi yang lemah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Masinton PDIP Sebut Jokowi Penguasa yang Menafikkan Konstitusi, Dinilai Tak Perlu Bertemu Megawati
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Namun, Ia masih menyayangkan daya saing SDM Indonesia yang masih rendah. Saat ini Indonesia masih berada di peringkat kelima dari seluruh negara ASEAN dalam Indeks Pembangunan Manusia 2021.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Daya saing ini juga diukur secara kompetitif dan komparatif. Hasil ini merupakan akibat dari kualitas SDM dan indeks inovasi yang juga masih rendah. Ini sangat disayangkan karena Indonesia memiliki semua sumber daya yang diperlukan, mulai dari bahan baku hingga pasar,” ujar Faiz.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Presiden Jokowi Minta Upaya Penyelamatan Uang Negara Dimaksimalkan

Dengan adanya pendidikan tinggi berkualitas dalam melakukan riset dan mengembangkan inovasi, menurutnya, akan muncul kewajiban untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tri Dharma perguruan tinggi harus relevan dengan permasalahan di masyarakat demi menjawab permasalahan yang terjadi. Ini dapat menjadi penentu dari perubahan, perbaikan dan kemajuan peradaban bangsa Indonesia.

Faiz sekaligus menekankan pentingnya pengabdian kepada masyarakat yang tidak hanya menghasilkan publikasi. Namun juga dampak apa yang bisa diberikan kepada masyarakat.

“Ke depannya, reputasi kampus tidak diukur dari seberapa besar fasilitas kampus. Namun juga berdasarkan seberapa besar dampak yang dapat diberikan kepada masyarakat,” kata Faiz.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi