Kamis, 02/05/2024 - 20:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Menko Airlangga Tinjau Pembangunan Tol Cisumdawu Sumedang

ADVERTISEMENTS

Foto udara kendaraan melintas di jalur fungsional Tol Cisumdawu di Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau pembangunan Tol Cisumdawu.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 SUMEDANG — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat (Jabar), Jumat (23/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Jalan tol tersebut juga akan menjadi penghubung menuju Bandara Kertajati yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah selesai dibangun.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kami melihat Tol Cisumdawu dengan Pak Gubernur Ridwan Kamil dan Pak Bupati Dony Ahmad Munir. Jalan tolnya mulus sampai Sumedang dengan aman dan nyaman,” kata Airlangga, di Sumedang, Jumat.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Airlangga di Sidang MK Jelaskan Bantuan Pangan El Nino 2024

Tol tersebut rencananya akan terbentang sepanjang 61,75 km serta akan menghubungkan Cileunyi menuju Dawuan yang akan menjadi akses utama menuju Bandara Kertajati di Majalengka. Proses pembangunan Tol Cisumdawu sudah mendekati 100 persen dan ditargetkan untuk beroperasi pada awal Juli 2023 mendatang.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan Tol Cisumdawu akan turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Jabar ke depannya. Dia berharap kehadiran Tol Cisumdawu dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi Jabardi atas 6 persen untuk tahun ini.

“Mudah-mudahan semua PSN di Jawa Barat lancar. Karena setiap kenaikan Jawa Barat sama dengan kenaikan Indonesia,” ujar Ridwan Kamil.

Berita Lainnya:
Seseorang Jatuhkan Diri dari Lantai Atas Masjidil Haram, Makkah

Jalan Tol Cisumdawu merupakan salah satu PSN di Jabar. Tol tersebut menerapkan teknologi Geofoam EPS dalam proses pembangunannya.

Geofoam EPS memiliki bobot yang ringan, sehingga mengurangi risiko longsor apabila digunakan untuk menangani lapisan tanah yang labil dan berair pada Seksi 5A, dibandingkan dengan penggunaan timbunan atau urukan tanah biasa.

Selain Tol Cisumdawu, PSN Jabarlainnya adalah Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), pembangunan Bandar Udara Kertajati, pembangunan tujuh bendungan, pengembangan Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di Cirebon, dan pembangunan Pelabuhan Patimban.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi