Rabu, 01/05/2024 - 01:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Incar 20 Miliar Dolar US Dana JETP, PLN Kebut List Proyek

ADVERTISEMENTS

PLN berhasil melakukan pemberian tegangan pertama (energize) Uprating Gardu Induk (GI) 150 kV Wonosari 1 Jalur Jaringan (Line Bay) arah Pedan 1 dengan kapasitas trafo terpasang sebesar 3×60 MVA.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) saat ini sedang mengebut kepastian proyek apa saja yang akan dilakukan lewat skema pendanaan Just Energy Transition Partnership (JETP). Direktur Keuangan PLN Sinthya Roesly menjelaskan pada pertengahan Agustus ini PLN akan melaunching proyek dekarbonisasi apa saja yang akan dibiayai lewat mekanisme JETP.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Rencananya, pertengahan Agustus ini kami akan menyelesaikan Comperhensive Investment Plan and Policy (CIPP) terkait proyek apa saja yang akan dibiayai oleh JETP,” ujar Sinthya saat ditemui di Djakarta Theater, Sabtu (24/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
RI akan Adu Data Tutupan Hutan Hadapi Regulasi Deforestasi Eropa
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sinthya juga menjelaskan proyek dekarbonisasi ini meliputi pensiun PLTU, proyek pengembangan EV hingga rencana pembangunan pembangkit EBT. Ia masih enggan merinci lokasi dan jenis proyek. Namun yang pasti, beberapa PLTU yang direncanakan akan dihentikan operasionalnya akan masuk dalam list ini.

ADVERTISEMENTS

“Banyak, itu ratusan project, macam-macam, pembangkit, transmisi. Pensiun dini itu masuk dalam petimbangan juga untuk dikaji,” ujar Sinthya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ia juga menjelaskan dengan adanya CIPP ini maka investor maupun mekanisme JETP bisa langsung mengeksekuinya. Hanya saja, menurut Sinthya CIPP ini membuka peluang adanya revisi RUPTL kedepan.

Berita Lainnya:
PLN Bekasi Respons Cepat Gangguan Listrik Akibat Hujan  

“RUPTL ini kan sebenarnya memang rencana pembangunan pembangkit listrik yang memang akan dieksekusi. Namun jika lewat CIPP ini ada perubahan dan usulan, maka jika RUPTL perlu diubah ya nanti kita ubah,” ujar Sinthya.

Lewat CIPP ini kata Sinthya akan lebih rigid proyek mana saja yang bisa diserap pendanaannya lewat JETP. Namun, belum tentu seluruh proyek bisa diserap lewat mekanisme ini. PLN pun membuka peluang kerjasama baik lewat JETP ini maupun lewat mekanisme ETM yang diluncurkan pemerintah.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi