Rabu, 22/05/2024 - 03:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Chevron dan Exxon Bangun Prototipe CCUS di Lapangan Migas Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan saat ini pemerintah bersama Chevron dan Exxon dua perusahaan migas raksasa asal Amerika mengembangkan prototipe Carbon Capture Utilization Storage (CCUS) di lapangan migas Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Kita ini merupakan negara dengan ceruk migas yang besar. Ceruk lapangan migas ini bisa dijadikan carbon storage. Saat ini kita bikin prototipe bersama Chevron dan Exxon,” ujar Airlangga di acara Indonesia Net-Zero Summit, Sabtu (24/6/2023).

Airlangga tak merinci lapangan mana yang dijadikan proyek prototipe CCUS ini. Hanya saja kata dia, potensi pengembangan CCUS di Indonesia sangat besar. Bahkan, dari prototipe tersebut bisa disimpulkan investasi yang bisa masuk sebesar 50 dolar US per ton co2.

Berita Lainnya:
BI Dorong Jangkauan Manfaat IsDB di Berbagai Negara Anggota

Sebelumnya, di Komisi VII DPR RI, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati sempat menyebutkan bahwa lapangan milik Pertamina menjadi potensi besar untuk penyimpanan emisi karbon (carbon storage).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Kita punya giant storage dan ini luar biasa karena Indonesia kalau menurut kajian awal itu potensinya lebih dari 400 giga ton Co2 storage. Ini bisa menjadi regional hub untuk Co2,” jelasnya, Kamis (22/6).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Pertamina Patra Niaga Raih Penghargaan Peran Aktif Penyelenggaraan KKPRL Kementerian KKP

Berdasarkan catatan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), saat ini terdapat 15 proyek CCS/CCUS di Indonesia yang masih tahap studi dan persiapan. Sebagian besar ditargetkan beroperasi sebelum 2030.

Adapun terdapat 15 proyek tersebut yakni, Arun (CCS), Gemah (CCUS/EOR), Ramba (CCUS/EOR), Jatibarang (CCUS, CO2, EOR), Central Sumatera Basin (CCS/CCUS Hub), Sakakemang (CCS), Gandih (CCUS/EOR), RU V Balikpapan (CCU.Methanol), Kutai Basin (CCS/CCUS Hub), Sunda Asri Basin (CCS/CCUS Hub), Sukowati (CCUS EOR), East Kalimantan (CCS?CCUS Study), Blue (Ammonia, CCS), Abadi (CCS/CCUS) dan Lapangang Tangguh (CCUS/EOR).

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi