Jumat, 03/05/2024 - 03:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Catat Laba Tertinggi, ASDP akan Setorkan Deviden Rp 101 Miliar

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat laba tertingginya pada 2022 sebesar Rp 585 miliar. Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin memastikan perusahaan akan menyetorkan deviden kepada negara sebesar 18 persen atau sekitar Rp 101 miliar.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Penyerahan deviden ini sebagai bentuk komitmen kami untuk terus berkontribusi untuk negara, khususnya mendorong program-program kerakyatan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” kata Shelvy dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (2/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Shelvy menjelaskan, ASDP berhasil melakukan terobosan operasional dan keuangan pasca pandemi Covid-19. Untuk itu pada 2022 kembali membukukan kinerja positif dengan mencetak laba bersih tertinggi sepanjang sejarah berdiri.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Shelvy mengatakan terdapat dua faktor utama yang berkontribusi atas pencapaian tersebut. Pertama, kata dia, dari sisi eksternal yaitu dampak pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilakukan oleh pemerintah sehingga selama 2022, khususnya periode layanan Angkutan Lebaran dan Natal Tahun Baru pergerakan penumpang dan kendaraan telah kembali normal dan terus menunjukkan kenaikan.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Tak Punya Tiket Menyeberang di Merak, Pemudik Dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Bahkan, pelonggaran pergerakan kendaraan dan penumpang pasca pandemi Covid-19 diperkuat dengan telah dilakukan pencabutan PPKM oleh Pemerintah pada tanggal 30 Desember 2022 sehingga masyarakat lebih leluasa dalam melakukan perjalanan,” jelas Shelvy.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Lalu Kedua yaitu faktor internal dengan pembenahan operasional dan perbaikan bisnis proses yang semakin efektif dan efisien. Shelvy menuturkan hal tersebut termasuk digitalisasi ticketing di seluruh pelabuhan ASDP.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Berdasarkan laporan kinerja konsolidasian ASDP 2022 audited Januari hingga Desember 2022 tercatat membukukan pendapatan Rp 4,381 triliun dan laba bersih Rp 585 miliar.

“Pendapatan 2022 telah melampaui dari total pendapatan dalam kondisi normal sebelum Covid-19 pada 2019 sebesar Rp 3,328 triliun dan naik 23,4 persen dibanding realisasi 2021 sebesar Rp 3,550 triliun,” ungkap Shelvy.

Sementara itu, ASDP mencatat laba bersih mencapai 220,8 persen dari target. Shelvy mengatakan, angka tersebut mengalami pertumbuhan 79,4 persen dari laba pada 2021 sebesar Rp 326 miliar.

Berita Lainnya:
Smelter Freeport di Gresik Capai 94 Persen, Juni Siap Beroperasi  

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa Kementerian BUMN akan memberikan dividen terbesar sepanjang sejarah BUMN kepada negara senilai Rp 80,2 triliun. Rincian setoran deviden BUMN kepada negara terdiri atas dividen BUMN perusahaan terbuka senilai Rp 50,20 triliun dan sisanya Rp 29,97 triliun disumbangkan BUMN perusahaan non terbuka.

Erick menegaskan, ASDP merupakan salah satu dari tujuh BUMN non terbuka sebagai penyumbang deviden terbesar. Dengan demikian, ASDP menjadi BUMN yang turut memberi sumbangsih kepada negara, supaya negara tidak hanya mendapatkan pemasukan dari pajak tetapi juga hasil usaha yang baik.

“Dividen untuk apa? Untuk program-program yang mendorong daripada program kerakyatan dari pemerintah seperti bantuan sosial dan sebagainya. Inilah keseimbangan yang terus dijaga, di mana BUMN sehat mampu memberikan kontribusi kepada rakyat Indonesia,” ucap Erick.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi