Minggu, 05/05/2024 - 21:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

24 Ribu Lulusan SD di Depok tak akan Tertampung di SMP Negeri

ADVERTISEMENTS

DEPOK – PPDB tahun ajaran 2023/2024 jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Depok telah dibuka. Namun sayangnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menyebut hanya memiliki daya tampung sebanyak 9.664 siswa dengan 302 Rombongan Belajar (Rombel), sehingga akan ada puluhan ribu lulusan SD yang tidak tertampung di SMP Negeri.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Lulusan Tahun 2023 baik SD Negeri, Swasta dan Madrasan Ibtidaiyah (MI) ada sebanyak 34.134 dengan daya tampung SMP Negeri sebanyak 9.664 siswa. Akan ada 24.470 siswa yang tidak tertampung di sekolah negeri,” kata Sekretaris Panitia PPDB Tahun Ajaran 2023/2024 Kota Depok Bahrudin, dikutip dari situs informasi Pemkot Depok, Senin (3/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menurutnya, siswa yang tidak tertampung negeri nantinya akan diminta melanjutkan ke SMP swasta. Adapun untuk daya tampung SMP swasta di Kota Depok sejauh ini diklaimnya masih aman.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Santri Super Camp 2024: Langkah RMI PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kami minta agar orang tua mengubah mindset sekolah bahwa negeri dan swasta adalah sama. Keduanya menunjang pendidikan yang lebih baik untuk Kota Depok,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Bahrudin mengatakan, tahun ini khusus jenjang SMP Negeri, jalur afirmasi kuotanya naik menjadi 25 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 15 persen. Sementara jalur prestasi tahun ini turun menjadi 20 persen, sebelumnya 30 persen.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Keputusan ini sudah melalui hasil evaluasi. Di mana, tahun ini siswa tidak mampu yang tidak terakomodasi dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) penerima Kartu Depok Sejahtera (KDS) usulannya mencapai 27 ribu. Dengan dasar itu, kami ubah jalur afirmasi menjadi 25 persen. Terdiri dari 23 persen siswa tidak mampu dan 2 persen siswa inklusi,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Heboh Sususan Kabinet Pemerintahan Prabowo-Gibran Bocor di Media Sosial, TKN Beberkan Faktanya

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengakui sekolah negeri untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di wilayahnya memang masih minim. SMP negeri yang hanya berjumlah 33, disebut tidak mampu menampung ribuan siswa dari 214 sekolah dasar (SD) negeri.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“SMP itu sampai saat ini memang masih kurang banyak, dari sisi jumlah rombel, jumlah sekolah. Karena SD saja itu, 214 itu yang Negeri, belum swasta. Kebayang kan 400-an sekolah (SD) sementara jumlah sekolah SMP negeri yang ada itu hanya 33,” kata Kabid Pembinaan SMP Disdik Kota Depok, Joko Soetrisno di kantornya kepada Senin (5/6/2023).

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi