Jumat, 03/05/2024 - 03:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Inggris Alami Juni Terpanas Sejak 1884

ADVERTISEMENTS

LONDON — Inggris mengalami bulan Juni terpanas sejak pencatatan suhu dimulai pada tahun 1884. Badan cuaca Inggris mengatakan pada Senin (3/6/2023) bahwa perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia berarti panas yang tidak biasa, kondisi seperti itu akan menjadi lebih sering terjadi dalam beberapa dekade mendatang.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Suhu rata-rata untuk bulan Juni di Inggris mencapai 15,8 derajat Celsius. Suhu itu naik 0,9 derajat Celsius lebih panas daripada rekor gabungan sebelumnya, yaitu 14,9 derajat Celsius pada tahun 1940 dan 1976, menurut angka sementara dari Met Office.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Para ahli meteorologi mengatakan perubahan iklim jadi penyebabnya. Kondisi itu jadi rekor gabungan sebelumnya, yang juga telah meningkat dua kali lipat sejak tahun 1940-an.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Bersamaan dengan variabilitas alami, latar belakang pemanasan atmosfer Bumi akibat perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia telah meningkatkan kemungkinan tercapainya rekor suhu tertinggi,” ujar Paul Davies dari Met Office. “Pada tahun 2050-an, peluang untuk melampaui rekor sebelumnya yaitu 14,9 Celsius bisa mencapai sekitar 50 persen, atau setiap dua tahun sekali,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Dampak Cuaca Panas Ekstrem Bagi Kesehatan Seperti yang Terjadi di Thailand

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sebagian besar wilayah di negara ini, mulai dari Kepulauan Orkney di Skotlandia utara hingga Cornwall di barat daya Inggris mencatat rekor suhu tertinggi regional ini bulan lalu, dengan banyak wilayah yang mengalami suhu rata-rata 2,5 derajat Celsius lebih tinggi dari rata-rata.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Suhu tertinggi yang tercatat bulan lalu adalah 32,2 Celcius – jauh lebih tinggi daripada suhu maksimum biasanya, yang berkisar di bawah 20-an derajat Celsius untuk musim ini, kata badan cuaca.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Para ahli perikanan mengatakan bahwa cuaca panas telah menyebabkan kematian ribuan ikan di kanal dan sungai di Inggris. Badai petir, polusi dan faktor-faktor lain juga berkontribusi terhadap kematian tersebut, kata Badan Lingkungan Hidup Inggris.

Berita Lainnya:
Aksi Unjuk Rasa Pro Palestina di Kampus Menarik Perhatian Gedung Putih

“Tim perikanan Badan Lingkungan Hidup telah merespons sepanjang waktu terhadap berbagai laporan tentang ikan yang mati atau tertekan di seluruh negeri,” kata manajer perikanan badan tersebut, Graeme Storey.

Para ilmuwan Met Office mengatakan bahwa tahun 2022 merupakan tahun terpanas yang pernah tercatat di Inggris, dengan suhu rata-rata tahunan sebesar 10,03 Celsius, atau 0,89 Celsius lebih tinggi dari rata-rata 1991-2020. Negara-negara Eropa lainnya termasuk Prancis dan Spanyol juga mencatat rekor tertinggi yang serupa tahun lalu.

Sejak pencatatan suhu dimulai lebih dari seabad yang lalu, semua dari 10 rekor suhu tertinggi tahunan di Inggris terjadi sejak tahun 2003, para ilmuwan menambahkan. Menurut para ilmuwan, kondisi ini dengan jelas menunjukkan bagaimana pemanasan global telah mempengaruhi iklim di Inggris.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi