Jumat, 03/05/2024 - 14:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

EM Universitas Brawijaya Soroti Perubahan Golongan UKT Mahasiswa Baru

ADVERTISEMENTS

Universitas Brawijaya (UB). EM Universitas Brawijaya menyoroti perubahan golongan UKT mahasiswa baru.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 MALANG — Eksekutif Mahasiswa (EM) Universitas Brawijaya (UB) menyoroti perubahan golongan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT). Hal ini diungkapkan oleh Presiden EM UB, Rafly Rayhan Al Khajri saat dikonfirmasi Republika, Rabu (5/7/2023). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Rafly mengungkapkan, UB sejauh ini memang belum mengumumkan penetapan UKT untuk mahasiswa baru (maba). Itu artinya EM UB belum menerima keluhan yang pasti terkait masalah UKT dari para calon maba (camaba). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Namun terkait keluhan soal besaran biaya pada tahun ini, EM sudah menerima laporan dari banyak mahasiswa yang menyoroti perubahan golongan. “Kalau di UB dari tahun ke tahun itu biasanya satu sampai enam golongan. Tapi untuk tahun ini golongan bertambah menjadi tujuh dan delapan,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
UNM Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana HKB dengan Gelar Pelatihan Evakuasi dan PPGD

Untuk menyikapi hal ini, EM UB sudah melakukan komunikasi dengan Wakil Rektor II UB. Selanjutnya, pihak rektorat akan segera mengadakan audiensi secara terbuka kepada mahasiswa. Rektorat nantinya akan menjelaskan klasifikasi masing-masing golongan sehingga mahasiswa tahu mengapa mereka ditempatkan di golongan-golongan tertentu. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Dan itu yang akan menjadi pertimbangan kawan mahasiswa apakah nanti rasionalisasi penempatan golongan itu sesuai dengan kemampuan mahasiswa tersebut atau tidak,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Adapun untuk perbaikan dari sistem UKT sebetulnya hampir sama dengan masukan beberapa kampus lainnya. Hal ini berarti besaran UKT diharapkan mampu memberikan transparansi mengapa mahasiswa tersebut ditempatkan di tempat golongan tertentu. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Hadiri Halal Bihalal UMJ, Haedar Nashir Tekankan Pentingnya Silaturahmi

Kemudian besaran UKT juga diharapkan harus linier dengan perbaikan sarana dan prasarana atau fasilitas yang didapatkan mahasiswa. Dengan demikian, besaran UKT tidak terkesan hanya sekadar angka nominal tetapi ada feedback yang bisa diberikan kepada mahasiswa.

Selanjutnya, pihaknya juga berupaya untuk memahami bagaimana perumusan nominal UKT. Berdasarkan kajian dalam peraturan menteri itu sebenarnya sudah ditetapkan angka maksimum atau biaya kuliah tunggal (BKT).

Menurut Rafly, BKT itu telah ditetapkan secara nasional dan tidak boleh melebihi standar tersebut. “Nah, sepanjang ini UB masih belum melebihi BKT tetapi kita juga harus menyesuaikan kemampuan mahasiswa. Itu yang menjadi concern hari ini,” kata dia menambahkan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi