Sabtu, 04/05/2024 - 08:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kemenko Perekonomian: INSW Lakukan Harmonisasi Kebijakan Isu Strategis

ADVERTISEMENTS

Sekretaris Kemeterian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Sistem informasi elektronik terintegrasi Indonesia National Single Window (INSW) saat ini menjalankan harmonisasi kebijakan dan sinkronisasi proses bisnis antar Kementerian/Lembaga (K/L) guna mendorong penyelesaian isu-isu strategis sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 44 Tahun 2018 tentang INSW.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kegiatan National Single Window (NSW) saat ini mulai dijalankan kembali dengan melibatkan 17 kementerian/lembaga sebagaimana tersebut dalam Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2018 tentang Indonesia National Single Window,” kata Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso melalui keterangan resminya di Jakarta, Rabu (5/7/20233).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

INSW adalah sistem elektronik terintegrasi secara nasional, dapat diakses melalui jaringan internet (publicnetwork), yang akan melakukan integrasi informasi berkaitan dengan proses penanganan dokumen kepabeanan dan dokumen lain yang terkait dengan ekspor-impor. Susiwijono mengatakan isu-isu strategis yang dimaksud mencakup seperti penyederhanaan tata niaga ekspor-impor, integrasi proses bisnis perizinan berusaha ekspor-impor, peningkatan pengawasan PNBP Minerba, hingga penyelenggaraan sistem aplikasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Pelabuhan Merak Sudah Seberangkan 169.790 Orang ke Sumatera pada H-3 Lebaran

Penerapan harmonisasi kebijakan itu disampaikan melalui Rapat Koordinasi Dewan Pengarah INSW yang dilaksanakan di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sesmenko Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dengan dihadiri oleh para Eselon I dan perwakilan dari 17 Kementerian/Lembaga yang terkait dengan INSW. Harmonisasi kebijakan K/L ditujukan untuk mendorong penyelesaian isu strategis yang selama ini menjadi bottleneck implementasi dan utilisasi INSW dalam level teknis.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Selain itu, dilakukan juga pembahasan mengenai beberapa isu strategis lain yakni harmonisasi kode pelabuhan/bandara, tata kelola data dan informasi pada Sistem Indonesia National Single Window (SINSW) yang juga meliputi laporan realisasi ekspor dan impor, service level agreement dan Business Continuity Plan (BCP), serta Unit Layanan Single Window.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Penerima KUR BRI Ini Bisa Kembangkan Usahanya Hingga Ekspor ke Jepang

Terkait berbagi pakai data juga menjadi fokus utama dalam pembahasan karena bertujuan untuk membantu mengambil kebijakan strategis serta monitoring produk ekspor-impor.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Lebih lanjut, perwakilan kementerian/lembaga yang hadir juga menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Lembaga National Single Window (LNSW) sebagai pengelola INSW dan penyelenggara SINSW yang mampu mengintegrasikan berbagai aplikasi yang ada di masing-masing K/L. “Disampaikan juga usulan adanya forum komunikasi pada level teknis untuk menyelesaikan permasalahan teknis lainnya,” kata Susiwijono.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi