Selasa, 30/04/2024 - 06:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Ini Cara Menghapus Malware dari Android

ADVERTISEMENTS

Malware dapat tetap beroperasi setelah memasuki perangkat. Dengan kata lain, malware dapat secara aktif merusak dengan Anda membukanya./Ilustrasi

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA—Virus seluler tidak dibahas sesering virus komputer. Faktanya, ada banyak pengguna internet memperdebatkan virus ponsel. Sebagai perbandingan, malware lebih umum untuk ponsel. Secara khusus, ponsel Android lebih rentan terhadap malware dibandingkan iPhone. Namun, jika Anda tahu cara menghapus malware dari Android, maka sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir terinfeksi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dilansir GizChina pada Rabu (5/7/2023), Android beroperasi pada platform sumber terbuka. Ini memungkinkan Anda mengunduh file dan aplikasi dari berbagai sumber. Aplikasi dan file dari sumber pihak ketiga umumnya tidak aman untuk sistem Android.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Malware Android atau seluler, sering disalahartikan sebagai virus, termasuk trojan horse, worm, dan spyware. Ini jauh berbeda dari virus. Malware pada dasarnya adalah istilah umum.

ADVERTISEMENTS

Perangkat lunak atau program jahat apa pun yang masuk ke perangkat Anda tanpa persetujuan dapat disebut malware. Mengingat itu, Anda dapat mengatakan bahwa virus adalah jenis malware. Itu menempel pada sebuah program, yang dapat berkisar dari file media, aplikasi, hingga dokumen.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Barang Elektronik Sudah tak Terpakai, Lakukan Langkah Daur Ulang Ini

Hal utama yang memisahkan virus dari malware adalah malware tidak membutuhkan program host. Anda perlu membuka atau bekerja dengan file yang terinfeksi agar virus dapat menyebar. Malware, di sisi lain, dapat tetap beroperasi setelah memasuki perangkat. Dengan kata lain, mereka dapat secara aktif merusak dengan Anda membukanya.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghapus malware dari Android:

1. Pindai dan hapus malware dengan program keamanan bawaan ponsel Android.

Sebagian besar ponsel Android saat ini akan hadir dengan program keamanan khusus. Misalnya, Samsung memiliki Device Care, Xiaomi memiliki Security Scan. Periksa apakah ponsel Anda memiliki program seperti itu dan lakukan pemindaian sistem lengkap. Lihat apakah program telah mendeteksi ancaman. Jika demikian, segera hapus ancaman tersebut.

 

2. Gunakan mode aman Android untuk menghapus malware.

Untuk masuk ke mode aman Android, tahan tombol daya dan tunggu hingga menu daya muncul. Setelah itu, ketuk dan tahan opsi “Power off” atau “Shut down”. Ponsel Android kemudian akan reboot ke mode aman. Amati apakah ponsel berfungsi normal. Jika tidak, Anda perlu menelusuri semua aplikasi yang terpasang secara manual dan mencopot pemasangan aplikasi yang mencurugakan. Beberapa aplikasi Android mungkin tidak ingin dihapus. Dalam hal ini, Anda perlu menggunakan ADB atau alat Debloater.

Berita Lainnya:
Tahun Depan, Tesla Berencana Jualan Robot Humanoid Optimus

 

3. Bersihkan cache peramban Anda dan aktifkan Google Play Protect.

Aplikasi menyimpan cache situs web agar situs memuat lebih cepat saat Anda mengunjunginya kembali. Namun dengan pembersihan cache, Anda juga dapat menghapus koneksi antara ponsel Anda dengan situs web berbahaya. Selain itu, Anda harus mengaktifkan Google Play Protect. Itu memindai setiap aplikasi yang Anda pasang di mana pun Anda mengunduhnya. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Google Play Store, ketuk profil Anda, pilih Play Protect, dan aktifkan Google Play Protect.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi