Rabu, 08/05/2024 - 01:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Insiden Pembakaran Alquran Buat Swedia Terpecah

ADVERTISEMENTS

STOCKHOLM — Insiden pembakaran Alquran telah membuat Swedia terpecah antara komitmennya terhadap kebebasan berbicara, dan penghormatan terhadap agama minoritas. Bentrokan prinsip-prinsip fundamental telah memperumit keinginan Swedia untuk bergabung dengan NATO.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Turki telah memblokir aksesi Swedia untuk bergabung dengan NATO sejak tahun lalu, dengan alasan protes anti-Turki dan anti-Islam di Stockholm. Pekan lalu, seorang imigran Kristen Irak membakar kitab suci Islam di luar masjid Stockholm selama hari raya besar Idul Adha.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pembakaran itu memicu kecaman luas di dunia Islam. Peristiwa pembakaran Alquran ini memicu perdebatan di Swedia tentang batasan kebebasan berbicara. Polisi Swedia mengatakan, mereka telah menerima permintaan izin demonstrasi oleh orang-orang yang ingin membakar kitab suci Alquran, Taurat, dan Injil.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Negara-negara Muslim telah mendesak Swedia untuk memberlakukan larangan membakar kitab suci agama tertentu. Bahkan beberapa komentator liberal di Swedia berpendapat bahwa protes tersebut harus dianggap sebagai ujaran kebencian, yang dilarang di negara tersebut ketika menargetkan etnis atau ras tertentu.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Tetapi banyak orang di Swedia mengatakan, mengkritik agama dengan cara yang dianggap ofensif harus diperbolehkan. Selain itu, Swedia harus menahan tekanan untuk memperkenalkan kembali undang-undang penistaan, yang ditinggalkan beberapa dekade lalu di negara Skandinavia yang didominasi Lutheran tetapi sangat sekuler ini.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Berjuanglah di Jalan Allah Sejak Usia Muda

“Ini adalah situasi yang sangat serius bagi Swedia,” kata Magnus Ranstorp, pakar terorisme yang merupakan penasihat strategis Pusat Keamanan Masyarakat di Universitas Pertahanan Swedia.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Polisi Stockholm pada Rabu (5/7/2023) mengatakan, mereka telah menerima dua permintaan izin baru untuk aksi protes pembakaran kitab suci agama di ibu kota. Satu permintaan izin dari seseorang yang ingin membakar Alquran di luar masjid, dan satu lagi dari seseorang yang ingin membakar Taurat dan Alkitab di luar Kedutaan Besar Israel.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Kepala polisi setempat Mattias Sigfridsson mengatakan kepada The Associated Press, permintaan ketiga yang melibatkan pembakaran kitab suci agama telah diajukan di Kota Helsingborg. Namun polisi belum memutuskan permintaan tersebut.

“Di Swedia, kami memiliki kebebasan berekspresi. Kami juga menghormati orang-orang yang memiliki pendapat berbeda dan fakta bahwa hal itu dapat melukai perasaan tertentu. Kita harus melihat hukum. Itulah yang kami lakukan,” kata Sigfridsson.

Berita Lainnya:
Kelompok Pro-Palestina di AS Layangkan Gugatan ke Columbia University

Polisi Stockholm mencoba untuk menghentikan protes pembakaran Alquran awal tahun ini, tetapi ditolak oleh pengadilan yang mengatakan bahwa tindakan tersebut dilindungi oleh hukum Swedia. Mengutip keputusan itu, polisi pekan lalu mengizinkan seorang pria yang diidentifikasi sebagai seorang Kristen dari Irak membakar Alquran di luar sebuah masjid di Stockholm pada saat Idul Adha.  Para pemimpin Muslim di Swedia menyesalkan insiden tersebut, dan negara Timur Tengah bereaksi paling kuat.

Kedutaan Besar Swedia di Baghdad sempat diserbu oleh pengunjuk rasa yang marah.  Organisasi untuk Kerja Sama Islam (OKI) mengutuk tindakan tersebut dan mengkritik otoritas Swedia karena mengizinkan pembakaran Alquran. Sementara  Iran menahan diri untuk tidak mengirim duta besar baru ke Stockholm, dan Pakistan meminta Dewan Hak Asasi Manusia PBB untuk menjadwalkan sesi khusus tentang masalah ini.  Di luar dunia Muslim, Paus Fransiskus juga menyayangkan kejadian tersebut.

Swedia mengatakan menolak keras tindakan Islamofobia…

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi