Kamis, 02/05/2024 - 22:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Belum Ada Pengumuman Cawapres, Pengamat: Masih ‘Tunggu-Tungguan’

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Hingga saat ini belum ada koalisi partai politik maupun bakal calon presiden (bacapres) yang mengumumkan calon wakil presidennya untuk maju di Pilpres mendatang. Kendati tiga bacapres yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan menguasai tiga besar elektabilitas capres untuk 2024.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Andriadi Achmad menyebut saat ini seluruh koalisi parpol dalam kondisi saling tunggu atau wait and see melihat peta politik.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Seluruh koalisi parpol dalam kondisi wait and see dan sangat berhati-hati serta berhitung dengan kalkulasi yang matang untuk menentukan posisi bacawapres,” ujar Andriadi dalam keterangannya, Senin (10/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Andriadi mengatakan, ini karena elektabilitas dari tiga bacapres yang saling bersaing ketat. Sehingga, posisi bacawapres di Pilpres 2024 ini seolah merupakan kunci kemenangan koalisi parpol.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Rekaman CCTV Perlihatkan Detik-detik Brigadir RA Anggota Polresta Manado Tewas dengan Luka Tembak di Kepala, Ternyata...

Meskipun saat ini sudah ada nama-nama potensial muncul ke permukaan seperti Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, Ridwan Kamil, Erick Thohir, Mahmud MD, Khofifah Indar Parawansa, Puan Maharani, Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan dan tokoh lainnya. Namun, bacapres dan koalisi partai masih belum nampak untuk segera mendeklarasikan cawapresnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Direktur Eksekutif Nusantara Institute Political Communication Studies and Research Centre (PolCom SRC) ini pun memprediksi para koalisi parpol akan memanfaatkan waktu-waktu terakhir untuk menentukan pasangan bacawapres.

“Pada saat yang dianggap tepat, menurut saya yaitu injure time  pendaftaran bacapres-bacawapres November 2023 mendatang barulah koalisi menentukan dan finalisasi bacawapres seperti penunjukkan KH. Ma’ruf Amin oleh Koalisi Indonesia Hebat Jilid II pada pilpres 2019 lalu,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Soal Gabung Kabinet Prabowo-Gibran, Mahfud: Kalau Diberikan Pada Lawan, Buat Apa Mendukung?

Untuk itu, waktu yang tersisa hingga tahapan pendaftaran bacapres-bacawapres 2024 yaitu antara 19 Oktober-25 November 2023 dimanfaatkan seluruh koalisi untuk melihat berbagai kemungkinan.

Saat ini sudah dideklarasikan dari koalisi perubahan dan persatuan yakni Anies Rasyid Baswedan, koalisi kebangkitan Indonesia Raya yakni Prabowo Subianto; dan koalisi PDIP-PPP yaitu Ganjar Pranowo. Sedangkan Koalisi Indonesia Bersatu, Golkar & PAN minus PPP belum menentukan bacapres, walaupun masih terbuka kemungkinan menjadi poros keempat yang mengusung bacapres – bacawapres 2024.

“Dinamika jelang pendaftaran pilpres 2024 ini akan semakin massif dan progressif dimana koalisi parpol dan capres masing-masing akan terus bergerilya menjemput suara-suara dan menyambut usulan dari berbagai elemen untuk posisi bacawapres,” ujar Andriadi.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi