Minggu, 05/05/2024 - 04:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Disdukcapil Sebut Ada Kasus ‘Numpang KK’ Juga di DKI Jakarta

ADVERTISEMENTS

Orang tua calon peserta didik mencatat nomor pengaduan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang terdapat pada spanduk di Posko Pelayanan PPDB 2023 di SMA Negeri 70 Jakarta, Kamis (25/5/2023). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membuka posko layanan PPDB 2023 mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta mencatat ada lonjakan perpindahan penduduk dengan status usia anak di DKI Jakarta sebelum pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) sistem zonasi pada 2023. Hal itu mengindikasikan adanya kasus ‘numpang KK’ agar bisa masuk di sekolah yang diharapkan melalui jalur zonasi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Iya (ada indikasi). Faktanya ada peningkatan pengajuan layanan pindah di bulan Mei,” kata Kepala Disdukcapil DKI Budi Awaluddin kepada Republika.co.id, Rabu (12/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kamu Minat Jadi Content Creator? Ayo Cek Beasiswa Gratis dari Cyber University 
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Saat ditanya, wilayah kecamatan atau kelurahan mana yang paling banyak tercatat adanya peningkatan pengajuan layanan pindah itu, Budi tidak mengungkapkannya. Namun dia menyatakan akan mendalaminya. “Besok kita analisa ya, indept-nya,” tutur dia.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Berdasarkan data Disdukcapil DKI Jakarta, terjadi lonjakan perpindahan penduduk sebesar 216 persen untuk usia anak (0-18 tahun) sebelum pelaksanaan PPDB pada Mei 2023. Terlihat peningkatan signifikan pada perpindahan Mei 2023 sebesar 2.594 anak, dibandingkan bulan april yang hanya 822.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sedangkan hasil pendataan perpindahan penduduk anak usia 0-18 tahun, data dari bulan Juni 2022 hingga juni 2023 sebanyak 32.120, dan yang berstatus dalam Kartu Keluarga Famili lain dan Lainnya sebanyak 5.747.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Lonjakan terjadi karena kepentingan dari Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang menginginkan pada salah satu sekolah tertentu. Implikasi tersebut membuat orangtua memindahkan anaknya ke wilayah yang sesuai zonasi sekolah yang akan dituju,” tegas Budi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Universitas BSI Berikan Layanan Konseling Bagi Mahasiswa dengan Menggandeng Psikolog

Diketahui, terdapat empat jalur bagi para calon peserta didik baru seperti jalur Zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orangtua/wali hingga jalur prestasi. Peraturan di dalam PPDB mensyaratkan para CPDB yang mendaftar adalah mereka yang telah menetap di DKI Jakarta 1 (satu) tahun sebelum pelaksanaan PPDB cut off (1 Juni 2022) untuk penerimaan PPDB tahun 2023.

“Pindahkan Kartu Keluarga (KK) untuk PPDB Zonasi serupa dengan mengajarkan anak kita untuk berbuat tidak jujur, dan tentunya hal ini selain merugikan diri sendiri namun dapat merugikan orang lain juga,” tuturnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi