Sabtu, 04/05/2024 - 18:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Retno: Kemitraan ASEAN-AS Sangat Penting Bagi Kawasan dan Dunia

ADVERTISEMENTS

JAKARTA –Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengatakan kemitraan ASEAN-Amerika Serikat (AS) sangat penting bagi kawasan dan strategi global. Terutama, kata Retno, dalam mengatasi tantangan kompleks dan ketidakpastian. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Kami membutuhkan lebih banyak kerja sama antar negara untuk menghadapi tantangan-tantangan ini, terutama tentu di Indo-Pasifik,” kata Retno dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, sebelum Dialog Strategis AS-Indonesia, Jakarta, Jumat (14/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Retno mengatakan Indo-Pasifik harus terbuka untuk dialog dan kerja sama konkrit, karena itu kehadiran AS di kawasan harus memberikan perdamaian, stabilitas dan keamanan. “Dan dengan dukungan AS, kami dapat membangun arsitektur kawasan yang inklusif melalui kerja sama konkrit,” kata Retno.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menteri Luar Negeri mengatakan Prospek ASEAN di Indo-Pasifik merupakan panduan dan visi kawasan. Retno mengatakan hal ini tidak hanya bermanfaat bagi ASEAN tapi juga berkontribusi pada perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Empat Menteri Jokowi Sambangi Rumah Megawati pada Hari Pertama Lebaran

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Retno juga mengatakan tahun depan akan menjadi 75 tahun kemitraan AS-Indonesia. Peringatan itu diharapkan memperkuat kemitraan lebih kuat, cepat dan bermanfaat bagi masyarakat dua negara.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Blinken mengatakan 75 tahun hubungan bilateral dua negara menjadi kesempatan bagi AS dan Indonesia memperkuat kemitraan. Ia menambahkan dua negara bekerja sama di begitu banyak bidang yang berhubungan langsung dengan kesejahteraan, kehidupan dan mata pencaharian masyarakat dua negara.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Saya sangat menghargai itu,” kata Blinken.

“Saya kira kami berbagi visi yang sama untuk kawasan yang kami bagi: kawasan yang bebas, terbuka, aman, makmur, terhubung, berdaya tahan. Dan kerja sama kami adalah untuk mewujudkan visu itu dalam cara yang sangat konkrit bagi masyarakat kita, dan dengan semangat itu kami mendekati berbagai hal,” tambahnya.

Berita Lainnya:
Dewan Eropa Perpanjang Pembatasan Individu Myanmar Hingga 2025

Dalam pernyataan bersama yang dirilis usai Dialog Strategis Tingkat Menteri AS-Indonesia, Retno dan Blinken mengakui hubungan dua negara semakin kuat sejak terbentuknya hubungan diplomatik pada 29 Desember 1949.

Hubungan ini terus diperkuat berdasarkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang sama pada demokrasi, pemerintahan yang baik, tumbuhnya kerja sama pertahanan, penghormatan pada hak asasi manusia dan supremasi hukum serta kepentingan bersama di kawasan dan global. Termasuk Indo-Pasifik yang inklusif, terbuka dan berbasis peraturan yang mempromosikan perdamaian, stabilitas dan kemakmuran.

Indonesia dan AS menaikan kemitraan mereka dari kemitraan komprehensif pada tahun 2010 menjadi kemitraan strategis pada tahun 2015. Sebagai upaya untuk menghadapi tantangan yang terus berkembang dan menguatkan peluang yang muncul berdasarkan manfaat bagi kedua belah pihak dan saling menghormati kedaulatan dan integritas wilayah masing-masing. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi