Selasa, 30/04/2024 - 02:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

LAN Mulai Ukur Indeks Kualitas Kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemda pada 2023

ADVERTISEMENTS

Lembaga Administrasi Negara (LAN) mulai melakukan pengukuran indeks kualitas kebijakan kepada seluruh instansi pemerintah pusat hingga pemerintah daerah pada 2023.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Lembaga Administrasi Negara (LAN) mulai melakukan pengukuran indeks kualitas kebijakan kepada seluruh instansi pemerintah pusat hingga pemerintah daerah pada 2023. Pengukuran dilakukan mulai Juli hingga Oktober 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kepala LAN Adi Suryanto mengatakan ada tiga indikator peranan penting kebijakan publik. Pertama, sebagai alat/instrumen untuk memecahkan masalah masyarakat/publik yang tidak dapat dipecahkan sendiri-sendiri. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kedua, kebijakan publik memiliki makna transformatif. Dalam memecahkan masalah publik membawa masyarakat bertransformasi dari satu kondisi ke kondisi lain. Ketiga, sebagai instrumen leverage diharapkan mampu menopang agar masyarakat mampu memenangkan kompetisi dibanding negara lain.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Bawaslu Simpulkan tak Ada Pelanggaran di Kegiatan Jokowi Bagi-Bagi Bansos di Jateng

“Upaya untuk mewujudkan keunggulan kebijakan ini perlu didorong secara kolaboratif dan berkesinambungan agar cita-cita mewujudkan kebijakan-kebijakan publik yang berkualitas dapat tercapai dan berkontribusi secara positif dalam meningkatkan kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakatnya,” ujarnya dalam keterangan tulis, Senin (24/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Menurutnya, peningkatan kualitas kebijakan pemerintah menjadi perhatian utama. Hal ini seiring dengan semakin dinamisnya perubahan-perubahan dalam lingkungan kebijakan. 

“Kompleksitas permasalahan yang terjadi dalam kebijakan publik memerlukan kolaborasi yang semakin kuat dari institusi pemerintah dan seluruh elemen stakeholdernya untuk mengawal proses pengelolaan kebijakan dari agenda kebijakan, formulasi kebijakan, implementasi kebijakan, hingga evaluasi kebijakan publiknya,” ucapnya.

Nantinya, menurut Adi, hasil pengukuran  indeks kualitas kebijakan  dapat menjadi salah satu referensi pemerintah dalam memperbaiki kualitas kebijakan sesuai sektor atau bidang kewenangannya. “Saya ingin menekankan kembali manfaat strategis dari proses pengukuran IKK di instansi pemerintah,” ucapnya. 

Berita Lainnya:
PDIP, The Ruling Party yang Dikalahkan Petugas Partai

Sementara itu Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN, Tri Widodo Wahyu Utomo,menambahkan tujuan  indeks kualitas kebijakan untuk mendorong penguatan partisipasi publik dan prinsip-prinsip tata kelola yang baik dalam proses pembuatan kebijakan publik. Utamanya dalam membangun kebijakan berbasis bukti atau evidence-based policy di seluruh instansi pemerintah. 

“Melalui kerangka pengukuran IKK diharapkan dapat terbangun nilai-nilai baru dalam manajemen kebijakan publik di Indonesia. Kebijakan publik yang dihasilkan memiliki dasar pengetahuan yang memadai dan dapat memberi manfaat yang nyata kepada masyarakat atau stakeholdernya,” ucapnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi