Senin, 06/05/2024 - 05:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Mobil Listrik China Telah Mengakhiri Era Kejayaan Merek Jepang

ADVERTISEMENTS

Pembuat mobil Jepang, yang enggan beralih ke elektrifikasi, sepakat bahwa mereka perlu meluncurkan kendaraan listrik di China jika mereka ingin menghidupkan kembali kejayaan mereka di pasar kendaraan terbesar di dunia tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Merek-merek Jepang mengalami penurunan penjualan paling tajam di antara pembuat mobil di China pada paruh pertama tahun ini.  Menurut Asosiasi Otomotif China sepanjang semester pertama 2023, pangsa pasar mobil Jepang menyusut menjadi 14,9 persen dari hampir 20 persen tahun lalu. Sementara itu, penjualan merek China menyumbang 53 persen dari total penjualan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Masahiro Moro, CEO Mazda Motor Jepang, mengatakan kepada wartawan bahwa mereka perlu merombak strategi produknya di China. Hal itu untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dari pembuat mobil lokal karena kendaraan listrik muncul sebagai pilihan serius di negara ini.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Penjualan kendaraan listrik dan hibrida plug-in, yang diklasifikasikan sebagai kendaraan energi baru (NEV) di China, mencapai 3,75 juta unit pada paruh pertama tahun ini. Menurut Asosiasi Produsen Mobil China Angka ini naik 44,1 persen tahun ke tahun dan menyumbang 28,3 persen dari semua penjualan kendaraan baru.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Asosiasi memperkirakan total penjualan NEV tahun ini bisa mencapai 9 juta unit, naik dari 6,89 juta unit pada 2022.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Mazda, pemain ceruk di China, memiliki delapan model yang tersedia di pasar dan hanya satu yang merupakan EV.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Penjualan Mazda di China pada 2022 turun 41 persen dari 2021 menjadi lebih dari 108.000 kendaraan, menurut data perusahaan. Penjualan Mazda di China mencapai puncaknya pada tahun 2016 saat terjual lebih dari 316.000 kendaraan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Moro mengatakan kondisi bisnis Mazda di China, di mana ia memiliki usaha patungan dengan produsen mobil lokal Changan dan FAW, akan menjadi semakin sulit selama 12 hingga 18 bulan mendatang.

Berita Lainnya:
Sederhana tapi Penting, Perlengkapan Ini Harus Ada di Mobil Sebelum Tempuh Arus Balik

Dia mengatakan telah membahas upaya dengan manajemen perusahaan patungan untuk mengejar elektrifikasi berkecepatan tinggi di China selama kunjungan ke negara itu pada bulan Juni. “Yang penting membalikkan keadaan dan mengenalkan kendaraan listrik satu per satu,” kata Moro.

 

Mazda diperkirakan akan meluncurkan platform khusus EV sekitar tahun 2027. Moro mengatakan platform seperti itu rencananya akan diluncurkan pada tahun 2026 tetapi tampaknya akan memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan.

Honda bergerak lebih cepat dari Mazda. Usaha patungannya, Dongfeng Honda, mengatakan tidak akan memperkenalkan model bensin baru mulai 2027. Pada 2030, setidaknya akan ada 10 model listrik di pasar.

Sekarang memiliki dua hibrida plug-in dan satu model listrik di pasar Cina, tetapi kinerja penjualan Honda kurang bagus.

Data industri menunjukkan bahwa model listrik, e: NS1, mencatat total penjualan 2.546 unit dalam empat bulan pertama tahun ini.

CR-V dan Civic pernah sangat populer di China

Dongfeng Honda, yang berkantor pusat di Wuhan, provinsi Hubei, merayakan hari jadinya yang ke-20 tahun ini. Itu dulunya adalah salah satu pembuat mobil terlaris di Cina. CR-V dan Civic pernah menjadi salah satu model paling populer di pasar China.

Pada 2017, ketika produsen mobil itu menjual 727.000 unit, naik 22 persen year-on-year, mereka menargetkan penjualan 1 juta kendaraan pada 2023. Namun pada 2022, penjualannya mencapai 652.046 unit, turun 17,76 persen year-on-year.

Dongfeng Honda tidak merilis angka penjualannya pada paruh pertama tahun ini, namun total penjualan Honda di China dari Januari hingga Juni mencapai 529.691 unit, turun 22 persen year-on-year.

Menurunnya popularitas merek-merek tersebut adalah hasil dari lonjakan penjualan merek-merek China yang semakin diminati masyarakat.

Cina melihat sekitar 2,24 juta kendaraan penumpang terjual pada bulan Juni, di mana 1,2 juta berasal dari merek domestik. Mereka menyumbang 53,7 persen pasar domestik, menurut Asosiasi Mobil Penumpang China.

Berita Lainnya:
PEVS 2024 Ditargetkan Raup Transaksi Lebih Rp 400 M

BYD, pembuat NEV terbesar di China, melihat penjualan kendaraan penumpang melonjak menjadi 251.685 unit di bulan Juni, naik 88,2 persen tahun ke tahun. Penjualannya di semester pertama mencapai 1,25 juta unit, yang setara dengan dua pertiga dari total pengirimannya di tahun 2022.

Li Auto, perusahaan rintisan Cina yang terdaftar di Nasdaq, menjual 32.725 kendaraan di bulan Juni, naik 150 persen dari tahun ke tahun. Itu juga pertama kalinya pengiriman bulanan melebihi 30.000 unit sejak didirikan pada tahun 2015.

“Munculnya merek mobil domestik China menunjukkan perkembangan berkualitas tinggi industri otomotif China, khususnya kendaraan energi baru yang lebih kompetitif,” kata Cui Dongshu, sekretaris jenderal CPCA.

Liu Kexin, peneliti senior China Automotive Technology and Research Center, mengatakan semakin banyak konsumen muda China sekarang lebih memilih merek domestik karena kecepatan mereka meluncurkan model dengan fitur onboard baru.

Di antara merek-merek internasional, merek-merek yang populer di China, seperti Volkswagen dan BMW, lebih gesit daripada yang lain, meski tertinggal dari pembuat mobil lokal.

ID Volkswagen seri adalah salah satu EV paling populer dari pembuat mobil internasional di pasar Cina, menurut CPCA. Volkswagen Grup ditargetkan memiliki setidaknya 30 model listrik termasuk di dalamnya dari Porsche hingga Audi, pada tahun 2030. Mereka juga mengharapkan untuk mengekspor EV buatan China ke pasar Eropa.

BMW menjual 44.864 EV di China dari Januari hingga Juni, naik 283 persen YoY. Itu peringkat sebagai merek premium non-Cina terlaris di pasar.

Pembuat mobil yang berbasis di Munich meningkatkan upayanya untuk memperkaya portofolio penawaran listriknya di China. “SUV kompak iX1 dan sedan i5 akan segera diproduksi secara lokal di perusahaan patungan BMW Brilliance di provinsi Liaoning, China Timur Laut,” katanya.

sumber : chinadaily.com

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi